Azizah, Wafiqul (2022) Program Pembiasaan Kebangsaan dalam Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Siswa di SD Immersion Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI WAFIQUL AZIZAH (UPLOAD PERPUSTAKAAN).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya pembentukan individu untuk tumbuh menjadi pribadi yang tanggung jawab, bermoral, kreatif, mandiri, serta berakhlak mulia. Dalam membentuk individu yang berakhlak mulia tersebut diperlukan pendidikan karakter untuk mempersiapkan individu yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan perkembangan zaman. Pelaksanaan pendidikan karakter selaras dengan adanya krisis karakter yang disebabkan oleh perkembangan globalisasi yang meningkat. Dampak perkembangan globalisasi tersebut membawa siswa untuk ikut menyukai beberapa trend di media sosial yang tidak sesuai dengan perkembangan umur siswa. Dalam meminimalisir dampak dari perkembangan globalisasi tersebut, SD Immersion Ponorogo mengembangkan program pembiasaan kebangsaan untuk menumbuhkan karakter nasionalisme sebagai dasar jati diri siswa untuk mencintai dan menghargai budaya bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk penanaman karakter nasionalisme melalui program pembiasaan kebangsaan di SD Immersion Ponorogo, (2) mendeskripsikan implikasi program pembiasaan kebangsaan terhadap perkembangan karakter nasionalisme di SD Immersion Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan program pembiasaan kebangsaan dalam menanamkan karakter nasionalisme siswa SD Immersion Ponorogo.
Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dilaksanakan di SD Immersion Ponorogo. Data dalam penelitian ini meliputi data umum terkait gambaran umum SD Immersion serta data khusus meliputi pelaksanaan pembiasaan kebangsaan yang didapatkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang dipilih dalam pengumpulan data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas V Pattimura, serta siswa-siswi kelas V Pattimura SD Immersion. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles, Hiberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1) di SD Immersion Ponorogo terdapat suatu program pembiasaan kebangsaan dalam menumbuhkan karakter nasionalisme siswa yang difokuskan pada aspek karakter disiplin dan cinta tanah air. Terutama pada kelas V Pattimura, dalam menumbuhkan karakter disiplin, terdapat 3 bentuk pembiasaan, yakni pemberian teladan, kegiatan spontan, dan kegiatan rutin. Sedangkan dalam menumbuhkan karakter nasionalisme pembiasaan dalam bentuk kegiatan rutin serta kegiatan terprogram. (2) Implikasi program pembiasaan kebangsaan di SD Immersion terhadap karakter nasionalisme siswa seiring berjalannya waktu menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab siswa untuk melakukan pembiasaan kebangsaan tanpa adanya dorongan dari guru dan tumbuhnya rasa percaya diri siswa untuk mengikuti cabang perlombaan. (3) Efektifitas pelaksanaan program pembiasaan di SD Immersion sudah berjalan dengan yang diharapkan serta adanya kesesuaian antara pelaksanaan program pembiasaan dengan tujuan awal. Namun, Keefektifan program pembiasaan tidak lepas dari adanya faktor pendukung yang meliputi kuantitas dan kerjasama guru serta warga sekolah, sarana pembelajaran yang memadai, dan adanya tanggung jawab dan disiplin siswa dalam proses pembiasaan. Namun, dalam berjalannya program pembiasaan terdapat faktor penghambat meliputi adanya beberapa sarana yang perlu diperbaiki termasuk tempat parkir dan ruang kelas khusus untuk menstimulus kognitif siswa berkebutuhan khusus, serta waktu pembelajaran yang terbatas sehingga pelaksanaan pembiasaan terkadang kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Restu Yulia Hidayatul Umah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:56 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:56 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31116 |
Actions (login required)
View Item |