Triani, Endang Agus (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Syariah Melalui Instagram Pada Beautyshop Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180192_Endang Agustriani_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Semakin populernya media sosial khususnya Instagram, telah
mendorong pebisnis untuk menggunakannya sebagai alat pemasaran untuk
barang dan jasa mereka. Pemasaran online melalui media sosial telah
berkembang menjadi mekanisme komunikasi yang signifikan baik bagi
produsen maupun konsumen barang dan jasa. Penjualan online atau ecommerce seperti yang dilakukan oleh Beautyshop Ponorogo tidak terbatas di
kota besar saja, bahkan terjadi juga di Kabupaten Ponorogo. Meningkatnya
toko online di Ponorogo menunjukkan semakin banyaknya warga Ponorogo
yang memilih berbelanja online daripada berkunjung ke toko untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Fokus masalah dari penelitian ini yaitu memaparkan bagaimana
strategi komunikasi pemasaran syariah melalui Instagram yang dilakukan
pada Beautyshop Ponorogo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran syariah melalui
Instagram yang dilakukan pada Beautyshop Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan
jenis penelitian lapangan (field research), dengan menganalisis praktik jual
beli online yang dilakukan Beautyshop Ponorogo. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh
Beautyshop Ponorogo dalam memasarkan produknya melalui Instagram
adalah dengan menerapkan strategi komunikasi yang mencakup komponen
komunikasi (sumber, pesan, media, penerima, efek dan umpan balik). Dalam
komunikasi pemasarannya juga ditemukan adanya faktor pendukung dan
penghambat. Faktor pendukungnya adalah fitur-fitur Instagram yang beragam
dan sangat membantu dalam pemasaran. Adapun faktor penghambatnya
adalah adanya pesaing bisnis online lain yang semakin banyak peminatnya.
Strategi komunikasi yang dilakukan Beautyshop Ponorogo dalam perspektif
marketing syariah sesuai dengan cara berdagang Rasulullah yaitu Siddiq,
Amanah, Tabligh, Fathanah. Dampak strategi komunikasi pemasaran syariah
yang dilakukan Beautyshop Ponorogo di instagram berdampak baik bagi
pendapatan Beautyshop Ponorogo
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Said Abadi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:36 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31112 |
Actions (login required)
View Item |