Analisis Syariah Marketing Terhadap Pelaksanaan Pemasaran Sabun Multibeauty.

Sari, Puspita Dhuwi (2022) Analisis Syariah Marketing Terhadap Pelaksanaan Pemasaran Sabun Multibeauty. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180179_Dhuwi Puspita Sari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Syariah Marketing Terhadap Pelaksanaan Pemasaran Sabun Multibeauty. Berdasarkan teori syariah marketing menurut Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula terdapat empat
indikator karakteristik syariah marketing yang dapat dijadikan panduan bagi pemasar muslim. Akan tetapi tidak semua indikator karakteristik syariah marketing tersebut dapat dipenuhi oleh pemasar. Sebagaimana yang terjadi pada Alfi Store, dalam pemasaran sabun multibeauty terdapat ketidakadilan yaitu pemotongan sabun yang tidak sama rata menjadi delapan bagian. Akan tetapi, dibalik permasalahan tersebut penjualan sabun Multibeauty potongan seperdelapan justru semakin meningkat dan diminati konsumen. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pemasaran sabun multibeauty berdasarkan analisissyariah marketing?, (2) Bagaimana dampak pelaksanaan pemasaran sabun multibeauty berdasarkan analisis syariah marketing?, (3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat penjualan sabun Multibeauty ? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis data deskriptif, Teknik pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pemasaran sabun Multibeauty berdasarkan analisis syariah marketing secara garis besar telah sesuai dengan teori. Akan tetapi ada sebagian yang belum maksimal. Dilihat dari sisi pemasaran produknya, terjadi ketidakadilan dalam pemotongan sabun Multibeauty seperdelapan. (2) Dampak pelaksanaan pemasaran sabun Multibeauty berdasarkan analisis syariah marketing yang dirasakan oleh Alfi Store adalah meningkatnya jumlah penjualan produk. Perspektif bisnis internal menjelaskan bahwa sabun Multibeauty telah sesuai dengan spesifikasi pelanggan. Harga yang ekonomis dan memiliki sejuta manfaat merupakan salah satu keunggulan produk ini. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menjelaskan bahwa pemilik usaha terus melakukan perbaikan kinerja dengan rutin melakukan sharing dan seminar-seminar dengan mitra bisnis lainnya. Perspektif pelanggan menjelaskan bahwa konsumen sabun Multibeauty merasakan kepuasan. Perspektif keuangan menjelaskan bahwa konsumen melakukan repeat order sehingga hal ini meningkatkan jumlah penjualan sabun Multibeauty potongan seperdelapan. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan sabun Multibeauty adalah harga terjangkau, mutu terbaik, saluran distribusi dan pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:29
Last Modified: 04 Dec 2024 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item View Item