Strategi Promosi untuk Peningkatan Penjualan Tas Anyaman “IDI BAG” dalam Perspektif Ekonomi Islam DI Desa Karangan

Hasanah, Niswatun (2022) Strategi Promosi untuk Peningkatan Penjualan Tas Anyaman “IDI BAG” dalam Perspektif Ekonomi Islam DI Desa Karangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180076_NISWATUN HASANAH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Promosi (promotion) adalah suatu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi. Strategi promosi merupakan kegiatan yang direncanakan dengan maksud membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi konsumen atau pelanggan agar mau membeli produk perusahaan sehingga tujuan untuk meningkatkan penjualan diharapkan dapat tercapai.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi yang digunakan Tas Anyaman “IDI BAG” untuk peningkatan penjualan, dan strategi promosi tas anyaman “IDI BAG” untuk peningkatan penjualan ditinjau dari ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Data diperoleh dengan sumber data primer dan sekunder dari Pemilik usaha Tas Anyaman “IDI BAG”. Teori yang digunakan adalah teori Promosi dari Philip Kotler.
Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Dalam melakukan Strategi Promosi untuk Peningkatan Penjualan Tas Anyaman “IDI BAG” di Desa Karangan dalam kegiatan promosinya dilakukan dalam berbagai bentuk seperti pemberian diskon, pemberian hadiah langsung, dilakukan melaui media internet, melakukan inovasi produk, pembuatan pamflet, melakukan pelayanan dengan baik, selalu tepat waktu dalam pengerjaannya, amanah, dan lain sebagainya. Dalam mempromosikan Usaha Tas Anyaman “Idi Bag” tidak hanya menawarkan produk yang bersifat transaksional semata, namun tetap yang utama memperhatikan kepuasan konsumen serta jauh dari transaksi yang merugikan serta menerapkan prinsip kehati-hatian sesuai dengan empat karakteristik syariah marketing yaitu teistis, etis, realitis, dan humanitis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:05
Last Modified: 04 Dec 2024 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31087

Actions (login required)

View Item View Item