Lestari, Nova Titin (2022) Pengaruh Konsep Diri, Gaya Hidup Dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Di Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180077_Nova Titin Lestari_ES.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara berkembang yang padat penduduknya
berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai wilayah pemasaran suatu bisnis.
Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya remaja, mungkin akan
melihat perubahan gaya hidup mereka seiring berjalannya era globalisasi.
Perilaku konsumtif adalah suatu tindakan mengonsumsi suatu barang atau jasa
secara berlebihan tanpa adanya suatu pertimbangan. Perilaku konsumtif dapat
terjadi kepada siapa saja tidak terkecuali para remaja muslim di Madiun.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah konsep diri,
gaya hidup serta penggunaan media sosial instagram yang selalu ingin
mengikuti perkembangan setiap waktu serta kemudahan yang ditawarkan
membuat remaja berlomba-lomba untuk mengikuti tren yang dapat menuju
pada perilaku konsumtif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep diri, gaya
hidup dan penggunaan media sosial instagram berpengaruh secara parsial
maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada remaja muslim di Madiun.
Jenis penelitian adalah ini penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel
dilakukan dengan probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
secara area sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang
diberikan kepada 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis
regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien
determinasi.
Adapun hasilnya adalah secara parsial konsep diri berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun, gaya hidup
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim
di Madiun, dan penggunaan media sosial instagram berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim di Madiun. Secara
simultan konsep diri, gaya hidup dan penggunaan media sosial instagram
berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap perilaku konsumtif
remaja muslim di Madiun
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh Faizin |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:17 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31073 |
Actions (login required)
View Item |