Widiyanti, Aprilia Nurul (2022) Strategi Usaha Pedagang Kaki Lima dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Singkong Keju di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180012_Aprilia Nurul Widiyanti_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Loyalitas konsumen adalah komitmen yang dipegang secara mendalam
untuk membeli kembali produk atau jasa yang disukai dimasa yang datang.
Mempertahankan konsumen yang sudah loyal dapat membuat suatu perusahan
memiliki kinerja yang meningkat dalam hal keuangan dan juga membuat suatu
perusahaan dapat bertahan lebih lama. Hal tersebut menjadi prioritas suatu
perusahaan, untuk mempertahankan loyalitas konsumenya.
Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana strategi usaha pedagang
kaki lima dalam mempertahankan loyalitas konsumen singkong keju di
Ponorogo?, faktor apa saja yang memengaruhi strategi usaha pedagang yang
digunakan dalam mempertahankan loyalitas konsumen singkong keju di Ponorogo
dalam perspektif ekonomi Islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan
untuk mendeskripsikan fenomena yang ada di lapangan mengenai strategi usaha
pedagang kaki lima dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Teknik
pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi usaha pedagang
kaki lima dalam mempertahankan loyalitas konsumen singkong keju khususnya di
Kecamatan Balong Ponorogo sudah memenuhi strategi usaha pedagang dalam
mempertahankan loyalitas konsumen yang dikaitkan dengan teori faktor-faktor
yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Dari segi analisa perspektif Islam secara
umum semua variabel di dalamnya sudah sepenuhnya terpenuhi dengan teori
marketing mix Islami. Sedangkan faktor yang mempengaruhi strategi usaha
dagang dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada Pedagang Kaki Lima
Singkong Keju di Kecamatan Balong sudah dikatakan baik, karena sesuai dengan
faktor-faktor yang mempengaruhi strategi usaha dengan dikaitkan teori faktorfaktor yang mempengaruhi strategi keberhasilan usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Yunita |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:24 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31047 |
Actions (login required)
View Item |