Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VIII dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTS Negeri 6 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Lestari, Efi Afrida Putri (2021) Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VIII dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTS Negeri 6 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317024_EFI AFRIDA_SKRIPSI__.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar siswa secara aktif memiliki
kemampuan yang diperlukan dirinya. Pembelajaran IPA
memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut. Salah
satunya yaitu, kemampuan bertanya. Kemampuan
bertanya yaitu kemampuan yang menjadi alat ukur dalam
berpikir karena dengan siswa bertanya dapat membantu
untuk menciptakan ide dan meningkatkan pemahaman
siswa terhadap konsep-konsep IPA dan fenomenanya.
Kemampuan bertanya penting untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini
menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan
media alat peraga sederhana, karena selama ini sekolah –
sekolah sering menggunakan model pembelajaran dengan
metode ceramah sehingga kemampuan bertanya siswa
menjadi berkurang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui, 1) Aktivitas siswa di MTS Negeri 6 Ponorogo
selama diterapkannya model pembelajaran inkuiri
menggunakan media alat peraga sederhana. 2) Model
pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan
kemampuan bertanya siswa kelas VIII di MTS Negeri 6
Ponorogo pada tema tekanan zat. Metode penelitian yang
digunakan yaitu kuantitatif dengan penelitian deskriptif.
Sekolah yang di teliti yaitu MTS Negeri 6 Ponorogo,
karena sekolah ini sudah terakreditasi A dan belum
menerapkan model pembelajaran inkuiri. Sampel pada
penelitian ini yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol, pemilihan kelas ini
sesuai dengan pertimbangan keseimbangan jumlah siswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan
observasi. Kemudian dari data tes yang diperoleh
dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan
statistika menggunakan uji-t, yang sebelumnya telah
dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, 1)
Nilai rata – rata hasil lembar observasi aktivitas siswa
yaitu sebesar 83% dengan kategori penilaian sangat baik.
Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas siswa sangat
baik selama diterapkannya model pembelajaran inkuiri
berbantuan media alat peraga sederhana. 2) Nilai
signifikansi yaitu sebesar 0,000 karena nilai signifikansi
kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan bertanya kelas eksperimen dan kontrol.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran pada kelas eksperimen jauh lebih
baik dibandingkan penerapan model pembelajaran pada
kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:55
Last Modified: 04 Dec 2024 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item View Item