Tajib, Aan Ainun (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Ilustrasi Bermuatan Pendidkan KarakterUntuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Di Smpn 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211317021_AAN AINUN TAJIB_SKRIPSI PERPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada saat pandemi covid-19 ini penanaman nilai-
nilai pendidikan karakter pada saat pembelajaran
sangatlah kurang, hal ini disebab kan pada saat ini
pembelajaran dilakukan melalui media sosial atau dapat
disebut pembelajaran secara daring. Akan tetapi,
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter merupakan
salah satu cara mewujudkan tujuan pendidikan yang
termuat dalam UU SISDIKNAS. Penanaman nilai
pendidikan karakter tersebut dapat dilakukan
dilingkungan sosial dan kebudayaan peserta didik.
Berdasarkan obeservasi dan wawancara yang telah
dilakuakan di SMP Negeri 4 Ponorogo, diketahui bahwa iv
rata-rata dari sikap peduli akan sosial peserta didik masih
belum dinyatakan pada kategori baik, kurangnya
penanaman sikap-sikap yang baik, sikap saling
menghargai, sikap berkarakter yang baik pada saat
pembelajaran daring, serta pada saat pembelajaran daring
berlangsung peserta didik masih banyak yang kurang
menghargai guru, peserta didik cenderung
menyempelekan guru ketika saat pembelajaran
berlangsung. Hal ini dapat di buktikan pada saat guru
menyampaikan materi peserta didik mengabaikan hal
tersebut serta peserta didik kurang sopan ketika berbicara
dengan guru pada saat pembelajaran daring berlangsng.
Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif
oleh guru juga menjadi penyebab kurangnya kemampuan
bersosial dan berkarakter baik peserta didik.. Maka perlu
adanya suatu tindakan dengan mengembangkan media
pembelajaran yaitu LKPD berbasis ilustrasi yang
bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan
sikap peduli akan sosisal peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ilustrasi
yang bermuatan pendidikan karakter yang teruji (1)
kevalidannya, (2)kepraktisannya dan (3) keefektifannya
dalam meningkatkan kemampuan sikap kepedulian sosial
peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development, dengan model penelitian Brog and Gall.
Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 validator ahli, validator 1 dari salah satu dosen jurusan tadris ilmu
pengetahuan alam IAIN Ponorogo dan validator 2 dari
salah satu guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di
SMPN 4 Ponorogo. Sampel yang digunakan yaitu peserta
didik kelas VII G (kelas kontrol) dan VII H (kelas
eksperiment) sejumlah 61 peserta didik. Produk LKPD
yang dikembangkan divaliditas oleh validator ahli,
berupa aspek konten, keterbacaan dan konstruk atau
kekhasan.
Dalam penelitian ini ditemukan : (1) LKPD
berbasis ilustrasi bermuatan pendidikan karakter
dinyatakan valid dilihat dari hasil uji validitas ahli
diperoleh bahwa produk LPKD layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran. Dengan hasil validitas
sebesar 97% pada aspek konten, 95% pada aspek
keterbacaan dan 94% pada aspek kehasan atau konstruk.
(2) LKPD berbasis ilustrasi bermuatan pendidikan
karakterdinyatakan praktis dapat dilihat dari hasil respon
peserta didik dengan mengisi angket terdiri 3 aspek yaitu
aspek ketertarikan mendapatkan hasil 83% respon positif
dan 17% respon negatif, Pada aspek desain mendapatkan
hasil 76% dari respon positif dan 24% dari respon
negatif. Sedangkan pada aspek materi/konten
m,endapatkan hasil 98% dari respon positif dan 2% dari
respon negatif. (3) LKPD berbasis ilustrasi bermuatan
pendidikan karakter dinyatakan efektif berdasarkan uji t
yaitu mendapatkan hasil nilai signifikasi sebesar 0.000 (<
0.05), karena nilai signifikasi kurang dari taraf signifikasi (0.05) maka, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang
signifikan pada kemampuan kepedulian sosial antara
kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi penggunaan
LKPD berbasis ilustrasi bermuatan pendidikan karakter
efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
kepedulian sosial peserta didik. Untuk melihat tingkat
kemampuan anatara kedua kelas tersebut dapat di lihat
pada hasil mean dari uji t tersebut, pada kelas kontrol
mendapatkan hasil 53,07, sedangkan kelas kontrol
mendapatkan hasil 78,55
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31034 |
Actions (login required)
View Item |