Upaya Guru dalam Melatih Kreativitas Mewarnai bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama’ 001 Ponorogo

Shalfiyah, Khidmatul (2024) Upaya Guru dalam Melatih Kreativitas Mewarnai bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama’ 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REVISI_SKRIPSI_I KHIDMATUL SHALFIYAH_205200017_PIAUD.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Shalfiyah, Khidmatul, 2024. Upaya Guru dalam Melatih Kreativitas Mewarnai bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama’ 001 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.

Kata kunci : Upaya Guru, Kreativitas Mewarnai, dan Anak Usia Dini
Kreativitas adalah salah satu bagian dari kognitif anak karena dalam kreativitas terdapat proses berpikir kreatif. Kreativitas berhubungan dengan faktor genetik dan bawaan dalam hal ini peran dari orang tua serta lingkungan sekitarnya sangat berpengaruh. Apabila tidak dilatih dengan baik akan memberikan dampak buruk bagi anak di kehidupan mendatang. Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak pada proses pembelajaran yakni dengan cara melatih mewarnai pada anak. Dalam hal ini guru memegang perana penting dalan melatih kreativitas mewarnai pada anak. Jika seorang guru menggunakan upaya yang tepat maka perkembangan anak akan lebih berkembang kemampuannya apalagi dalam hal kreativitas guna dijadikan deteksi bakat anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis upaya guru dalam melatih kreativitas mewarnai anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama’001 Ponorogo; (2) capaian kreativitas mewarnai anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama’001 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif menggunakan atau mengikuti konsep Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan dari penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru di TK Muslimat dapat diterapkan sesuai dengan harapan dengan cara, pengenalan alat dan bahan untuk mewarnai lalu pengenalan warna, membebaskan anak dalam mewarnai agar anak dapat berekspresi sesuai imajinasinya, dan menciptakan belajar yang menyenangkan bagi anak; (2) Untuk capaian awal banyak yang belom berkembang tetapi setelah diadakannya kegiatan pembelajaran mewarnai banyak anak yang sudah berkembang sesuai dengan harapan. Selain itu dapat dilihat dalam hasil capaian salah satunya terkait warna pengganti jika warna yang seharusnya tidak ada dapat dilihat banyak anak yang sudah berkembang sesuai harapan maknanya anak sudah dapat memainkan imajinasi agar menghasilkan karya yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:23
Last Modified: 04 Dec 2024 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31024

Actions (login required)

View Item View Item