Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Singosaren

Santri, Rifdatul 'Aisy (2024) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Singosaren. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIFDATUL 'AISY SANTRI 203200228.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Santri, Rifdatul ‘Aisy. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III pada Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Singosaren. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Intidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Agus Tricahyo, MA

Kata Kunci: kesulitan belajar, pembelajaran bahasa Arab, upaya guru

Pada penelitian ini yang dilatar belakangi oleh adamya siswa kelas III MI Ma’arif Singosaren yang memiliki hasil balajar yang rendah pada pembelajaran bahasa Arab. Dari 17 siswa kelas III terdapat 5 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini disebakan oleh adanya kesulitan belajar siswa kelas III.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ma’arif Singosaren; (2) bentuk kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas III di MI Ma’arif Singosaren; dan (3) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab kelas III di MI Ma’arif Singosaren.

Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik dan guru bahasa Arab kelas III di MI Ma’arif Singosaren kabupaten Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran di MI Ma'arif Singosaren masih belum maksimal, banyak kegiatan pembelajaran yang tidak terlaksana dengan baik. (2) bentuk kesulitan belajar bahasa Arab kelas III di MI Ma'arif Singosaren, yaitu kesulitan membaca, kesulitan menulis kesulitan bahasa lisan, dan kesulitan keterampilan belajar dan organisasional, (3) upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu: membimbing satu persatu siswa yang berkesulitan, siswa membaca percakapan secara bergantian, membaca teks yang ada di buku, menghafal mufrodat, menulis bahasa Arab, dan menirukan bacaan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:23
Last Modified: 04 Dec 2024 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item View Item