Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Toulmin’s Argument Pattern Terintegrasi dengan Pendekatan Socio scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Tema Pencemaran Lingkungan

Mayangsari, Riya (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Toulmin’s Argument Pattern Terintegrasi dengan Pendekatan Socio scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Tema Pencemaran Lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317012_Riya Mayangsari_Tadris IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Abad 21 yang disisipkan dalam pembelajaran khususnya pada
pembelajaran IPA yang didalamnya memuat kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi salah
satunya berkaitan dengan kemampuan argumentasi. Namun, kenyataannya di sekolah
kemampuan argumentasi peserta didik tersebut masih belum sesuai harapan dan belum
berkembang. Berdasarkan penelitian di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Ponorogo,
diketahui rata-rata kemampuan argumentasi peserta didik masih belum sesuai harapan. Hal ini
dapat dilihat dari nilai yang berada di bawah KKM (KKM: 70) sejumlah 20 dari 29 peserta didik,
diperoleh rata-rata nilai 33. Pentingnya mengembangkan lembar kerja peserta didik yang
dirancang agar aktivitas belajar peserta didik dapat berorientasi pada peningkatan kemampuan
argumentasi. Lembar kerja peserta didik tersebut setiap langkah-langkahnya telah diorientasikan
pada komponen-komponen Toulmin’s Argument Pattern guna memandu peserta didik dalam
meningkatkan kemampuan argumentasi. Selain itu, lembar kerja peserta didik ini dibuat dengan
disesuaikan pada pembelajaran yang bersifat kontekstual yaitu mengaitkan materi dengan isu-isu
socio-scientific yang berkembang di masyarakat dan memungkinkan peserta didik dapat
menyatakan argumentasinya berkenaan dengan isu-isu tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas lembar
kerja peserta didik yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta
didik kelas VII MTs Ma’arif Klego pada pembelajaran IPA tema pencemaran lingkungan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (Penelitian dan
Pengembangan) dengan model Borg and Gall. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas VII MTs Ma’arif Klego. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas 2 kelas
yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah responden sebanyak 34 peserta didik.
Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskripstif kuantitatif menggunakan uji N-Gain dan
uji t yang terdiri atas uji independent t-test two tailed dan uji t-test one tailed.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Lembar kerja peserta didik berbasis Toulmin’s Argument
Pattern terintegrasi dengan pendekatan Socio-scientific Issues yang dikembangkan layak
digunakan, baik dari segi isi atau materi dan keterbacaan dengan persentase sebesar 89,5%,
sehingga dinyatakan valid dengan revisi kecil. 2) Kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis
Toulmin’s Argument Pattern terintegrasi dengan pendekatan Socio-scientific Issues memperoleh
persentase sebesar 90% yang berasal dari respon positif peserta didik. 3) Lembar kerja peserta
didik berbasis Toulmin’s Argument Pattern terintegrasi dengan pendekatan Socio-scientific
Issues dinyatakan mampu membantu meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik
dengan persentase N-Gain sebesar 40,0066% (α= 0,05) yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 08:09
Last Modified: 03 Dec 2024 08:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item