Adumiranti, Yuninda (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sosio-Scientific Issue Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180121_Yuninda Adumiranti_Tadris IPA revisi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada era modern, semakin maju pendidikan. Hal ini menuntut siswa untuk memiliki
kemampuan berpikir lebih tinggi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa adalah
kemampuan analitis. Sedangkan kemampuan analitis pada perkembangannya masih begitu rendah
di Indonesia. Pada pengamatan awal terdapat hasil yang masih rendah. Selain itu, dengan menelaah
beberapa sumber pendekatan socioscientific issue dapat meningkatkan berpikir tinggi dengan
menyelesaikan masalah. Dengan demikian peneliti juga menelaah lebih lanjut mengenai bahan
ajar yang digunakan. Pada pengamatan terdapat beberapa komponen yang belum lengkap.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas dan reliabitas bahan ajar
Socioscientific Issue, (2) Penerapan bahan ajar Socioscientific Issue dan (3) keefektifan bahan ajar
Socioscientific Issue dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development, dengan melakukan
beberapa langkah dari model penelitian Brog and Gall. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh
5 validator ahli, yang terdiri 3 dosen Tadris IPA IAIN Ponorogo dan 2 guru IPA MTsN 1 Ngawi.
Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII D sebagai kelas uji coba pertama dan VII B. Produk
bahan ajar yang dikembangkan di uji kelayakannya dengan melakukan uji validasi dan reliabitas.
Data diperoleh dari hasil analisis validitas ahli, angket respon siswa dan observer, serta skor hasil
pretes dan postes siswa.
Hasil dari penelitian berupa hasil validasi dan reliabilitas bahan ajar, keterlaksanaan, dan
keefektifan. (1) Pada hasil validasi ahli telah mencapai valid akan tetapi jika menginginkan hasil
yang lebih baik dari hasil tersebut dapat dilakukan validasi dengan rater yang lebih banyak. Pada
hasil realibilitas memperoleh hasil yang reliabelnya terhitung tinggi. (2) Pada keterlaksanaan
dianalisis dengan mengakumulasi persentase respon observer dan juga siswa untuk melihat
keterlaksanaan dari bahan ajar. Hasil akhir observer, bahan ajar dikategorikan keterlaksanaan yaitu
67% menyatakan cukup terlaksana dan 33% menyatakan terlaksana dengan baik. Hasil akhir
menunjukan bahwa respon siswa lebih banyak memilih setuju untuk keterlaksanaan keempat
aspek. Hal ini menunjukan penerapan bahan ajar terlaksana dengan baik. (3) Keefektifan bahan
ajar dilakukan dengan melihat hasil uji N Gain. Pada hasil akhir rata-rata nilai N Gain sebesar
0,5625 taraf efektivitas bahan ajar dikategorikan sedang. Sedangkan pada hasil setiap indikator
kemampuan analitis mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Retno Widyaningrum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30970 |
Actions (login required)
View Item |