Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Produksi Penjualan Keripik Tempe “Cipta Rasa” Ketawang Dolopo

Nurul Ain, Novita (2022) Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Produksi Penjualan Keripik Tempe “Cipta Rasa” Ketawang Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180275_Novita Nurul Ain'_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM atau home industry Keripik Tempe “Cipta Rasa” yang
dikelola oleh Bapak Gunawan. Permintaan pangan terus meningkat karena
merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga berimbas terhadap
peningkatan penawaran makanan. Dalam meningkatkan volume produksi
penjualan UMKM Keripik Tempe “Cipta Rasa” menerapkan strategi
pemasaran syariah dengan bertujuan tidak hanya mendapatkan atau mencari
keuntungan saja tetapi juga agar mendapatkan keberkahan dari usaha
tersebut dengan praktik yang sesuai dengan prinsip dan syariat islam.
Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan
proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisator
kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan
akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui penerapan
strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Keripik Tempe “Cipta
Rasa”. 2) Mengetahui strategi yang dominan untuk UMKM Keripik Tempe
“Cipta Rasa” guna meningkatkan volume produksi penjualan secara
signifikan. 3) Mengetahui dampak dari strategi pemasaran syariah yang
diterapkan oleh UMKM Keripik Tempe “Cipta Rasa” guna meningkatkan
volume penjualan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan strategi pemasaran
yang dilakukan oleh UMKM Keripik Tempe “Cipta Rasa” guna
meningkatkan volume produksi penjulan telah sesuai dengan strategi
pemasaran syariah dengan karakteristik pemasaran syariah yang terdiri dari
Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiah), Realistis (Al-Waqiyyah), dan
Humanistis (Al-Insaniyah). Sedangkan strategi pemasaran yang dominan
yang diterapkan oleh UMKM Keripik Tempe “Cipta Rasa” guna
meningkatkan volume penjualan secara signifikan telah menerapkan
marketing mix berbasis syariah yang meliputi 9p yaitu (Product, Price,
promotion, place, people, physical evidence, process) yang kemudian
ditambahi dengan promise (janji) dan patience (kesabaran). Dan dampak
dari penerapan strategi pemasaran syariah yang diterapkan oleh UMKM
Keripik tempe “Cipta Rasa” dengan adanya peningkatan volume produksi
penjualan karena konsumn merasa puas dengan strategi pemasaran syariah
khususnya dalam penerapan prinsip-prinsip pemasaran syariah terutama
prinsip keadilan dan kejujuran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:48
Last Modified: 03 Dec 2024 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30969

Actions (login required)

View Item View Item