Oktafia, Leliana Dewi (2022) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Anak Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa MTs Nurul Mujtahidin Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208180023_LELIANA DEWI OKTAFIA_TADRIS IPS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil akhir dari kegiatan pembelajaran yang memberi perubahan
dan ditunjukkan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat sebagai ukuran tingkat
keberhasilan. Prestasi belajar menjadi tolok ukur keberhasilan anak dalam memperoleh
pemahaman dalam belajar. Namun prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kurang tercapai.
Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua dan kemandirian belajar
siswa. Pola belajar anak yang diperhatikan oleh orang tua dapat meningkatkan semangat dan
motivasi belajar anak. Terdapat 50% orang tua kurang memperhatikan proses belajar anak. Jika
kondisi yang demikian berlangsung lama, maka diyakini siswa tidak akan mendapatkan hasil
belajar yang memadai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi
belajar IPS siswa MTs Nurul Mujtahidin, (2) mengetahui pengaruh kemandirian belajar anak
terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Nurul Mujtahidin, (3) mengetahui pengaruh perhatian
orang tua dan kemandirian belajar anak terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Nurul Mujtahidin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan
merupakan penelitian non-eksperimen komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 61
siswa, sehingga diambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi mencakup uji normalitas, uji
linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji
hipotesis mencakup uji regresi linier sederhana dan uji linier berganda.
Hasil uji asumsi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Nurul Mujtahidin
sebesar 17,4%. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar anak terhadap
prestasi belajar IPS siswa MTs Nurul Mujtahidin sebesar 13%. (3) terdapat pengaruh positif dan
signifikan perhatian orang tua dan kemandirian belajar anak terhadap prestasi belajar IPS siswa
MTs Nurul Mujtahidin sebesar 23,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan
kemandirian belajar anak berpengaruh terhadap prestasi belajar anak pada siswa MTs Nurul
Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nastiti Mufidah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:39 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30968 |
Actions (login required)
View Item |