Korelasi Kemampuan Membaca, Representasi, dan Berkomunikasi Ilmiah dengan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Semester 6 Tadris IPA IAIN Ponorogo

Nur’aini, Wafa’ Diah (2022) Korelasi Kemampuan Membaca, Representasi, dan Berkomunikasi Ilmiah dengan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Semester 6 Tadris IPA IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180120_WAFA' DIAH NUR'AINI_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis ilmiah memiliki peran penting dalam
dunia perkuliahan terutama bagi mahasiswa dalam
mengembangkan akademiknya. Hasil dari observasi pada
mahasiswa semester 6 Tadris IPA IAIN Ponorogo yang
mengikuti kelas konsentrasi Biologi ditemukan bahwa
kemampuan menulis ilmiah mahasiswa kurang maksimal. Hal
tersebut disebabkan kurangnya perencanaan pada proses
pembentukan keterampilan mahasiswa dalam proses
pembelajaran. Kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dapat
ditingkatkan dengan membaca, representasi, dan
berkomunikasi. Karena akan menambah pengetahuan,
pemahaman konsep, serta kosakata sehingga dapat
menghasilkan karya ilmiah yang baik.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui signifikansi
hubungan antara kemampuan membaca dengan kemampuan
menulis ilmiah, 2) mengetahui signifikansi hubungan antara kemampuan representasi dengan kemampuan menulis ilmiah,
3) mengetahui signifikansi hubungan antara kemampuan
berkomunikasi ilmiah dengan kemampuan menulis ilmiah, 4)
mengetahui signifikansi hubungan antara kemampuan
membaca, representasi, dan berkomunikasi ilmiah dengan
kemampuan menulis ilmiah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif
dengan desain penelitian cross sectional survey design.
Populasi yang digunakan adalah mahasiswa semester 6 jurusan
Tadris IPA IAIN Ponorogo yang mengikuti kelas konsentrasi
Biologi B. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa kelas
konsentrasi Biologi B dengan jumlah 29 mahasiswa. Adapun
teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan wawancara.
Hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut. 1)
kemampuan membaca memiliki hubungan yang signifikan
dengan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa, 2) kemampuan
representasi memiliki hubungan yang signifikan dengan
kemampuan menulis ilmiah mahasiswa, 3) kemampuan
berkomunikasi ilmiah memiliki hubungan yang signifikan
dengan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa, 4) kemampuan
membaca, representasi, dan berkomunikasi ilmiah memiliki
hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis ilmiah
mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:36
Last Modified: 03 Dec 2024 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item View Item