Muhayaroh, Ulfa (2022) Studi Komparasi Kemampuan Representasi Peserta Didik Yang Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dan Berbantuan Media Benda Nyata. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180116_ULFA MUHAYAROH_TADRIS IPA rv.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi peserta didik kelas VIII di MTs Al Khalily Maunah Sari setelah
dilaksanakan tes yang didalamnya memuat indikator kemampuan representasi diperoleh data
hasil tes yaitu 27 dari 32 peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM, sehingga kemampuan
representasi peserta didik termasuk dalam kategori rendah. Faktor yang mempengaruhi
kemampuan representasi tersebut adalah kurangnya konsentrasi dan minat peserta didik dalam
proses pembelajaran yang berlangsung serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang
tepat disertai media pembelajaran yang sesuai. Dengan demikian penerapan model pembelajaran
PBL (Problem Based Learning) dengan berbantuan media audio visual dan berbantuan media
benda nyata dapat meningkatkan kemampuan representasi peserta didik karena melalui
penerapan model disertai media tersebut dapat membantu peserta didik menemukan konsep
hingga pemecahan masalah dengan proses pembelajaran yang menarik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi peserta
didik yang mengalami pembelajaran menggunakan model PBL dengan bantuan media audio
visual; mendeskripsikan kemampuan representasi peserta didik yang mengalami pembelajaran
dengan menggunakan model PBL dengan bantuan media benda nyata; Mengetahui perbedaan
kemampuan representasi peserta didik antara yang menggunakan model PBL berbantuan media
audio visual dengan PBL berbantuan media benda nyata
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis weak eksperimental
design dan menggunakan desain the static group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Al-Khalily Maunah Sari Sampung. Sampel
pada penelitian ini adalah kelas VIII B yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas
eksperimen 1 dan VII1 A yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan representasi
peserta didik dan soal tes kemampuan representasi yang telah divalidasi ahli dan diuji validitas
reliabilitas. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji T (two tailed).
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan representasi peserta didik yang mengalami
pembelajaran dengan model PBL berbantuan media audio visual mengalami peningkatan dengan
kategori sedang yang berdasarkan perhitungan N Gain skor pada keseluruhan indikator yaitu
dengan nilai 0,64, meskipun termasuk dalam kategori peningkatan yang sedang namun dalam
presentasenya masih dalam kategori cukup efektif yaitu dengan nilai 64,92. Kemampuan
Representasi Peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan model PBL berbantuan media
Benda Nyata mengalami peningkatan dengan kategori tinggi yang berdasarkan perhitungan N
Gain skor pada keseluruhan indikator dengan nilai 0,72, meskipun termasuk dalam kategori
peningkatan yang tinggi namun dalam presentasenya masih dalam kategori cukup efektif yaitu
dengan nilai 72,12. Berdasarkan hasil penelitian, Terdapat perbedaan kemampuan representasi
peserta didik antara yang menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan audio
visual dengan PBL (Problem Based Learning) berbantuan media benda nyata yaitu dengan hasil
uji t menunjukkan signifikansi 0,017 < 0,05, sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:24 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30963 |
Actions (login required)
View Item |