Agustin, Rengganis Diah Ayu (2022) Analisis Rasa Ingin Tahu Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Socioscientific Issue pada Tema Sistem Pernapasan Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180107_RENGGANIS DIAH AYU AGUSTIN_TIPA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rasa ingin tahu merupakan karunia yang diberikan
Tuhan kepada manusia untuk berproses dalam mencari
kebenaran pengetahuan, yang mana rasa ingin tahu tersebut
diketahui dapat mempengaruhi cara berpikir dan prestasi belajar
peserta didik. Rasa ingin tahu juga dapat membantu peserta
didik dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi,
karena dengan adanya rasa ingin tahu dapat memusatkan
konsentrasi seseorang pada suatu hal yang ingin diketahui,
misalnya dalam suatu permasalahan kehidupan sehari-hari.
Seperti halnya pada permasalahan berbasis Socioscientific Issue,
persoalan lebih sulit dan kompleks karena dikaitkan dengan
kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit peserta didik yang merasa
kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Sehingga
dalam hal ini, peserta didik perlu menggunakan rasa ingin tahunya supaya dapat menyelesaikan permasalahan berbasis
Socioscientific Issue dengan tepat, namun diketahui bahwa rasa
ingin tahu yang dimiliki oleh setiap peserta didik tidak sama.
Berdasarkan pernyataan tersebut, perlu untuk mengetahui
bagaimana rasa ingin tahu peserta didik dalam menyelesaikan
permasalahan berbasis Socioscientific Issue.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui
kemampuan menyelesaikan permasalahan berbasis
Socioscientific Issue peserta didik pada masing-masing
klasifikasi rasa ingin tahu. 2) mengetahui perbedaan
kemampuan menyelesaikan permasalahan berbasis
Socioscientific Issue peserta didik pada masing-masing
klasifikasi rasa ingin tahu. 3) mengetahui faktor-faktor rasa
ingin tahu yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam
menyelesaikan permasalahan berbasis Socioscientific Issue di
MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian grounded theory. Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan Qualified dan Purposive Sampling.
Pengambilan data dilakukan melalui pemberian soal tes,
observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam kepada 9
peserta didik yang telah dipilih berdasarkan tujuan penelitian.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan model
analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu
reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) peserta
didik dengan rasa ingin tahu tinggi dan sedang dengan tepat
mengidentifikasi permasalahan karena ketekunan dalam membaca berulang-ulang, mampu memberikan argumen berupa
fakta dan argumen pribadi, mampu mengaitkan konsep dengan
tepat, dan mampu memberikan keputusan berupa solusi dengan
benar serta memberikan alternatif solusi. Namun, dalam
memberikan argumen peserta didik dengan rasa ingin tahu
sedang hanya memberikan fakta saja. Pada peserta didik dengan
rasa ingin tahu rendah masih terdapat kekurang tepatan dalam
mengidentifikasi permasalahan karena kurangnya ketekunan
dalam membaca berulang, mampu memberikan argumen berupa
fakta singkat dan terkesan asal-asalan, mampu mengaitkan
konsep dengan cukup tepat, dan memberikan satu solusi dengan
benar. 2) Kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik
dengan rasa ingin tahutinggi dan sedang hampir sama,
sedangkan pada peserta didik dengan rasa ingin tahu rendah
memiliki persamaan pada tahap mengaitkan konsep dan
mengambil keputusan berupa solusi meskipun jawaban lebih
sederhana dan singkat. 3) Faktor yang dapat memengaruhi
kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan
berbasis Socioscientific Issue antara lain adalah minat, ketelitian
dan kesungguhan dalam proses mencari informasi, memahami,
dan menyelesaikan permasalahan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:06 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30958 |
Actions (login required)
View Item |