Sofiyah, Siti Lailatul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Change Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Penurunan Miskonsepsi Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180111_Siti Lailatul Sofiyah_Tadris IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Istilah miskonsepsi sebenarnya merujuk pada pengertian yang menunjukkan
ketidaksesuaian konsep yang diyakini siswa dengan yang diyakini para ahli. Miskonsepsi
ini menjadi permasalahan hiperbola dalam dunia pendidikan. Berbagai penelitian
dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan
menggunakan model pembelajaran conceptual change berbasis STEM. Penggunaan
model conceptual change akan memberikan rekonstruksi konsep kepada siswa karena
pada model conceptual change terdapat fase penciptaan konflik kognitif di dalamnya.
Sedangkan STEM digunakan untuk dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu
permasalahan dengan penelitian yang sistematis (matematika), dengan melakukan
observasi atau uji coba (sains), menggunakan bidang ilmu yang dikuasai (teknik) dan
memanfaatkan sarana yang tersedia (teknologi).
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk 1) mengetahui efektivitas model
conceptual change berbasis STEM terhadap penurunan miskonsepsi siswa, 2)
mengetahui pelaksanan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model
conceptual change berbasis STEM, dan 3) mengetahui aktivitas siswa selama penerapan
model conceptual change berbasis STEM.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian jenis
Quasi Experimental Design berbentuk The Matching-Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih dua minggu di SMP
Negeri 4 Ponorogo. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan
dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis, uji effect size serta analisis hasil observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model conceptual change
berbasis STEM efektif dalam menurunkan miskonsepsi siswa dengan effect size sebesar
0,943% yang masuk dalam kategori tinggi, 2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan
model conceptual change berbasis STEM berjalan dengan sangat baik, dan 3) aktivitas
siswa selama melakukan pembelajaran dengan model conceptual change berbasis STEM
menunjukkan respon siswa sangat aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 03:56 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30955 |
Actions (login required)
View Item |