Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Remaja Mencari Tuhan Karya Ustadz Jefri Al Bukhori

Suryani, Lilis (2024) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Remaja Mencari Tuhan Karya Ustadz Jefri Al Bukhori. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200108_LILIS SURYANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, pendidikan berkembang dengan pesat.
Informasi dapat menyebar dengan begitu mudah dan cepat, sehingga berdampak
pada menurunnya karakter peserta didik khususnya dikalangan remaja. Peserta
didik yang memiliki karakter yang bagus tentu dapat menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Islam merupakan
pondasi bagi remaja untuk dapat memiliki karakter yang bagus. Salah satu media
yang dapat digunakan pendidik untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam
pada remaja adalah buku. Buku berjudul Remaja Mencari Tuhan merupakan salah
satu buku yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang relevan dengan
dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dua rumusan
masalah yang diambil oleh peneliti yaitu (1) nilai-nilai pendidikan Islam yang ada
dalam buku Remaja Mencari Tuhan, dan (2) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam
dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik
pengumpulan data melalui penelusuran dari bahan-bahan dokumentasi yang
terdapat dalam buku, jurnal, maupun internet. Sedangkan analisis data
menggunanakan analysis content atau analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa buku Remaja Mencari
Tuhan karya Ustadz Jefri Al-Bukhori mengandung tiga nilai pendidikan Islam,
yaitu nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Ketiga nilai pendidikan Islam tersebut
memiliki relevansi dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai program
Kurikulum Merdeka yang digunakan sebagai tujuan pendidikan pada saat ini. Nilai
akidah takwa kepada Allah dan ridha terhadap takdir yang ditetapkan Allah
memiliki relevansi dengan dimensi (1) Profil Pelajar Pancasila beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Nilai ibadah menegakkan
shalat dan semangat membaca dan mencintai al-Quran memiliki relevansi dengan
dimensi Profil Pelajar Pancasila beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia. Nilai ibadah tolong menolong memiliki relevansi dengan
dimensi Profil Pelajar Pancasila (2) berkebinekaan global dan dimensi (3) gotong
royong. Nilai akhlak sabar, syukur, dan ikhlas memiliki relevansi dengan dimensi
Profil Pelajar Pancasila (4) mandiri, sedangkan berilmu pengetahuan memiliki
relevansi dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila (5) bernalar kritis dan (6) kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif, Syaiful
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:55
Last Modified: 03 Dec 2024 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30940

Actions (login required)

View Item View Item