Jannah, Lisyani Miftahul (2022) Komparasi Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Berdasarkan Penerapan Model Pembelajaran Student Active Learing Dengan Pendekatan Literasi Sains Pada Siswa Kelas VII MTs Darussalam Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180091_LISYANI MIFTAHUL JANNAH_TADRIS IPA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada kegiatan proses belajar mengajar sudah seyogyanya seorang guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa aktif. Model pembelajaran student active learning dengan pendekatan literasi sains merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membuat siswa belajar lebih aktif dalam memecahkan suatu permasalahan dengan media bacaan ilmiah, dan dapat menemukan gagasan-gagasan ilmiah yang dapat diungkapkan dalam sebuah karya tulisan. Pada mata pembelajaran IPA siswa masih kesulitan dalam memahami dan mempelajari sesuatu yang baru. Sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak menyukai pelajaran tersebut. Peneliti berinisiatif untuk menerapkan model pembelajaran Student Active Learning dengan pendekatan literasi sains agar kemampuan menulis ilmiah siswa lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran student active learning berbasis pendekatan literasi sains dengan pembelajaran konvensional di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun, 2) bagaimana aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran student active learning berbasis pendekatan literasi sains dengan pembelajaran konvensional di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun, 3) studi komparasi kemampuan menulis karya ilmiah siswa antara model pembelajaran student active learning berbasis pendekatan literasi sains dengan pembelajaran konvensional di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang dipilih adalah Quasi Eksperimental Design atau eksperimental semu dengan desain Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dan aktivitas yang dilakukan oleh peneliti melalui penelitian lapangan. Sampel yang digunakan peneliti adalah 20 peserta didik di MTs Al-Hikam Madiun.
Penelitian yang telah dilakukan di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran adalah sebesar 90% dan aktivitas peserta didik sebesar 84% dan terdapat pengaruh model pembelajaran student active learning dengan pendekatan literasi sains terhadap kemampuan menulis ilmiah peserta didik kelas VII MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun. Berdasarkan uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. adalah 0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran student active learning dengan pendeketan literasi sains terhadap kemampuan menulis karya ilmiah peserta didik kelas VII MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30937 |
Actions (login required)
View Item |