Putri, Jeni Trixcyani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) dengan Pendekatan Sosiosains Terhadap Kemampuan Observasi Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180087_Jeni Trixcyani Putri_Tadris IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan observasi yaitu kemampuan dalam mengamati, memperhatikan dengan sungguh-sungguh serta fokus terhadap obyek. Namun pada kenyataannya, kemampuan observasi siswa di MTs Ma’arif Balong dirasa masih rendah. Siswa cenderung memahami pelajaran dengan cara menghafal dan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal ini berdampak pada kemampuan observasi siswa menjadi rendah. Sehingga, perlu adanya suatu inovasi model pembelajaran sebagai upaya pengembangan kemampuan observasi siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran PDEODE dengan pendekatan sosiosains dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PDEODE dengan pendekatan sosiosains terhadap kemampuan observasi siswa kelas VII di MTs Ma’arif Balong.
Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif menggunakan desain quasi experiment atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan datanya menggunakan instrumen berupa tes dan kuesioner. Sedangkan untuk analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan uji-t (independent sample t-test).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata respon siswa sebesar 3,25. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa selama diterapkannya model pembelajaran PDEODE dengan pendekatan sosiosains memperoleh respon yang sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa nilai signifikansi kemampuan observasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,003. Nilai signifikansi (2-tailed) di kelas eksperimen dan kontrol kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Maka dari itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan observasi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE berbasis sosiosains dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30932 |
Actions (login required)
View Item |