Efektivitas Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Praktikum Terhadap Peningkatan Rasa Ingin Tahu Siswa SMPN 1 Sawoo

Wahidah, Hana Ni’matul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Praktikum Terhadap Peningkatan Rasa Ingin Tahu Siswa SMPN 1 Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
207180084_Hana Ni'matul Wahidah_Tadris IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Memasuki abad 21, sistem pendidikan di Indonesia telah beralih menjadi pendidikan berbasis nilai dan karakter. Salah satu karakter yang harus dimiliki siswa adalah rasa ingin tahu. Namun, tingkat rasa ingin tahu siswa SMPN 1 Sawoo masih rendah. Ada beberapa faktor penyebabnya, salah satunya adalah strategi mengajar guru yang kurang sesuai dengan karakter siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bervariasi yang mampu meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum, 2) Mengetahui aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum, dan 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum terhadap peningkatan rasa ingin tahu siswa.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain pretest posstest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sawoo semester genap. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII B (kelas ekperimen) dan siswa kelas VII E (kelas kontrol) yang dipilih melalui teknik random sampling. Data keterlaksanan pembelajaran dan aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum didapatkan melalui lembar observasi. Data rasa ingin tahu siswa didapatkan melalui lembar angket yang diisi oleh siswa dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu independent t-test.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum terlaksana dengan sangat baik sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran termasuk dalam keriteria sangat baik. 3) Terdapat peningkatan rasa ingin tahu siswa menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum. Hasil uji hipotesis terhadap rasa ingin tahu siswa berdasarkan angket rasa ingin tahu diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000. Sedangkan posttest rasa ingin tahu siswa diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001. Karena masing-masing nilai signifikansi < 0,05, maka dapat diartikan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbasis praktikum cukup efektif dalam meningkatan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:08
Last Modified: 03 Dec 2024 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30930

Actions (login required)

View Item View Item