Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Socioscientific Issue dalam Materi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik

Nisairrosyidah, Zumrotun (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Socioscientific Issue dalam Materi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
207180069 ZUMROTUN NISAIRROSYIDAH TADRIS IPA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sains semakin hari semakin menekankan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir reflektif peserta didik dikarenakan tingginya miskonsepsi pada peserta didik seperti di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Tingginya miskonsepsi tersebut dapat disimpulkan jika peserta didik memiliki kemampuan berpikir reflektif yang kurang. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning Socioscientific Issue pada materi Teknologi Ramah Lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas LKPD, kepraktisan LKPD, dan efektifitas LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 validator ahli yaitu Ibu Aldila Candra Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Arif Sudarminto, M.Pd. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IXB sebagai kontrol dan kelas IXG sebagai eksperimen sejumlah 60 peserta didik. Aspek yang divalidasi oleh validator yaitu aspek desain dan fitur serta aspek materi dan bahasa. Data kepraktisan dan validitas LKPD diambil memakai angket dan efektifivitas memakai soal tes. Angket kepraktisan dan validitas dianalisis memakai statistik deskirptif sedangkan soal tes dianalisis menggunakan uji t.
Hasil analisis validasi ahli aspek desain dan fitur sebesar 87%, aspek materi dan bahasa sebesar 95%. Analisis kepraktisan sebesar 83% dan analisis efektifitas menggunakan uji t menunjukkan hasil bahwa kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:45
Last Modified: 03 Dec 2024 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30926

Actions (login required)

View Item View Item