Analisis Kemampuan Berpikir Logis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik

Mayuni, Yuantifa Emy (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Logis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
207180067_YUANTIFA EMY MAYUNI_TADRIS IPA (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya sebuah keresahan selama pembelajaran IPA pada jenjang Madrasah Tsanawiyah terkait tentang kemampuan berpikir logis peserta didik yang ditinjau dari motivasi belajar. motivasi belajar adalah suatu dorongan dalam diri untuk bergerak dalam belajar, sedangkan kemampuan berpikir logis adalah kemampuan berpikir yang menggunakan penalaran dalam memecahakan permasalahan. Kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik memang berbeda- beda. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan masa pembelajaran online hingga offline. Perbedaan kemampuan berpikir logis tersebut bisa dipicu dari motivasi dalam dirinya pada saat belajar, dengan pembelajaran online cenderung lebih malas dan sedangkan dengan pembelajaran offline, peserta didik menjadi lebih bisa faham akan penjelasan dari guru. Seiring berjalannya pembelajaran offline ini peserta didik bisa lebih mengeksplor dengan cara berdiskusi dengan teman dan guru, mudah memahami materi IPA dan aktif dalam belajar.
Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui proses kemampuan berpikir logis peserta didik (2). Mengetahui kemampuan berpikir logis berdasarkan motivasi belajar dan (3). Mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis ditinjau dari motivasi belajar.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan peneliti sebagai observer. Penelitian dirancang dengan menggunakan rancangan deskriptif yang dilaksanakan di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong, Jenangan, Ponorogo. Saampel yang digunakan kelas VIII A dan VIII B. Materi yang digunakan untuk penelitian adalah Cahaya dan Alat Optik. Penelitian ini menggunakan 3 instrumen pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan posttest. Teknik sampel menggunakan teknikPurposive Sampling sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, menampilka data dan verifikasi data.
Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa (1). Peserta didik kelas VIII A dan VIII B memiliki motivasi yang berbeda- beda. Hal tersebut juga berdampak pada kemampuan berpikir logis.(2). Ditemukan bahwa sebagian besar jumlah peserta didik memiliki kemampuan berpikir logis yang tinggi dengan jumlah11 anak, kategori sedang dengan jumlah 4 anak, dan kategori rendah dengan jumlah 2 anak dan ada 1 anak yang tidak ikut serta dalam melakukan penelitian ini. Hal ini dikarenakan mereka bisa menganalisa soal yang diberikan dengan baik setelah memahami penjelasan dari guru terkait materi Cahaya dan Alat Optik dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Peserta didik dengan motivasi sedang juga memiiki kemampuan berpikir yang cukup. Peserta didik dengan motivasi rendah memiliki kemampuan berpikir logis yang rendah juga.(3). Adanya perbedaan tersebut karena terdapat faktor-faktor yang
xii
seperti ketekunan, minat, semangat belajar, kemandirian, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:32
Last Modified: 03 Dec 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30922

Actions (login required)

View Item View Item