Peran Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Pada Era Digital di MA Nurul Iman Punung Pacitan

Suci, Happy Laila (2024) Peran Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Pada Era Digital di MA Nurul Iman Punung Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200084 SKRIPSI HAPPY LAILA SUCI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suci, Happy Laila. 2024. Peran Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa pada Era Digital di MA Nurul Iman Punung Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Peran Guru, Degradasi Moral, Era Digital.
Fenomena yang terjadi di lapangan khususnya yang terjadi di MA Nurul Iman Punung, menunjukkan bahwa ada salah satu siswa/i yang merokok, berpacaran dalam kelas, membolos, berbicara tidak sopan terhadap guru dan menggunakan atribut tidak sesuai aturan sekolah. Karena usia remaja belum mampu mengimbangi arus teknologi yang berkembang semakin pesat. Dalam hal ini peran seorang guru sangat diperlukan dalam upaya mengatasi degradasi moral yang diakibatkan oleh era digital.
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan. Kedua, mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan. Ketiga, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan.
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara kepada Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan beberapa siswa MA Nurul Iman Punung Pacitan. Untuk data sekunder didapatkan dari sumber referensi lain seperti jurnal, bukubuku, dokumen dan foto yang berasal dari orang lain.Untuk analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan pertama, Deskripsi tentang degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan terdapat beberapa bentuk degradasi antara lain; merokok, berpacaran dalam kelas, membolos, berbicara tidak sopan terhadap guru dan menggunakan atribut tidak sesuai aturan sekolah. Kedua, upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan diantaranya, dengan melakukan tindakan preventif (pencegahan) Kemudian, tindakan represif (menasehati) serta hukuman yang mendidik guna memberikan efek jera agar siswa tidak mengulanginya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi degradasi moral pada era digital yang terjadi di kalangan siswa kelas XI di MA Nurul Iman Punung Pacitan yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dari upaya guru Akidah Akhlak, dan faktor eksternal dari murid, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:36
Last Modified: 03 Dec 2024 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30907

Actions (login required)

View Item View Item