Amalina, Latifah Nurul (2024) Efektivitas Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS_LATIFAH NURUL AMALINA_201200329.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Amalina, Latifah Nurul. 2024. Efektivitas Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar
Pembelajaran dikatakan berhasil apabila hasil belajar meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu strategi belajar, jika strategi belajar yang digunakan membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran maka siswa akan susah memahami materi pelajaran. selain itu guru juga menuntut siswa untuk menghafal materi, padahal siswa harus dibiasakan menganalisis suatu masalah agar melatih kemampuan berfikirnya. Maka dari itu usaha yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menggunakan strategi yang dapat menarik fokus siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, salah satunya menggunakan strategi Active Knowledge Sharing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas penggunaan strategi Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sedangkan yang digunakan untuk sampel kelas VII A dan kelas VII B di MTs Al-Azhar. Untuk mengetahui apakah strategi Active Knowledge Sharing ini efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar, dua kelas tersebut diberikan strategi yang berbeda. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yakni digunakan stretegi Active Knowledge Sharing dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yakni digunakan strategi konvensional. Instrument yang digunakan adalah soal tes yang berisi pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validitas dan reabilitas kemudian diuji normalitas serta homogenitas data. Selanjutnya hipotesis diuji menggunakan uji t (paired sample t test) dan uji t (independent sample t test) dan yang terakhir uji N-Gain.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fikih di MTs Al Azhar. Hal tersebut dibuktikan dari uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan hasil nilai rata-rata gain 0,78. Berdasarkan kriteria gain yang tertera pada bab 3 diketahui bahwa N-Gain > 0,70 dikategorikan tinggi. Dari kategori tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Active Knowledge Sharing mempunyai efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fikih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lia Amalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:32 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30890 |
Actions (login required)
View Item |