Marfu'i, Irkham (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama di SMK PGRI 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200095_IRKHAM MARFU'I_ PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Marfu'i, Irkham. 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama di SMK PGRI 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata kunci: peran, guru PAI & BD, toleransi beragama.
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (GPAI & BD) di sekolah memiliki peran penting dalam menumbuhkan sikap moderat, terutama dalam hal toleransi beragama. Keberagaman agama di SMK menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dalam intraksi sehari-hari. Hal ini menuntut GPAI & BD untuk memberikan penjelasan dan melatih siswa bersikap toleransi agar dapat menyikapi keberagaman agama dengan bijak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMK PGRI 1 Ponorogo. (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam membangun sikap toleransi beragama siswa di SMK PGRI 1 Ponorogo.(3) menganalisis Implikasi peningkatan sikap toleransi beragama pada siswa SMK PGRI 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari Guru PAI & BD, kepala sekolah, siswa muslim dan non-muslim. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Terdapat tiga peran GPAI & BD yaitu sebagai edukator guru memberikan materi dan pemahaman mengenai toleransi, motivator guru memotivasi siswa dengan cara menghargai, memehami perbedaan yang ada dan praktik empati, fasilitator guru mendengar, memberi arahan dan menawarkan solusi. Dimana peran guru itu sangat penting dalam semua kegiatan siswanya. (2) Faktor pendukung meliputi kebijakan sekolah, ketersediaan sarana prasarana yang memadai, serta adanya kegiatan rutin yang mendukung tujuan tersebut. Namun, faktor penghambat meliputi jumlah jam pembelajaran agama yang terlalu sedikit dan kurangnya fasilitas ruang untuk kegiatan agama non-Muslim. (3) Implikasi peningkatan sikap toleransi beragama pada siswa SMK PGRI 1 Ponorogo hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan sikap toleransi siswa berdampak positif pada lingkungan sekolah baik didalam kelas maupun luar kelas, menciptakan suasana yang harmonis dan inklusif. Siswa yang memiliki sikap toleransi lebih mampu berinteraksi secara baik dengan teman seagama maupun berbeda agama, mengurangi konflik, dan membangun kerjasama dalam kegiatan sosial. Selain itu, peningkatan sikap toleransi juga berkontribusi pada pembentukan karakter siswa yang lebih terbuka, menghargai perbedaan, dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Dengan demikian, peran aktif guru GPAI & BD sangat berpengaruh dalam mendidik dan membentuk generasi yang toleran serta memahami pentingnya kerukunan antarumat beragama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis Werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:30 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30888 |
Actions (login required)
View Item |