Ahfiani, Wahdatul Fitria (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Literasi Sains Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas VII MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180064_Wahdatul Fitria Ahfiani_Tadria IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada era sekarang peserta didik dituntut mampu berpikir tingkat tinggi. Salah satu keahlian dalam berpikir tingkat tinggi yaitu memiliki kemampuan berpikir ilmiah. Dengan memiliki kemampuan berpikir ilmiah peserta didik dapat berpikir dengan lebih teliti dan meluas. Selain itu dengan memiliki kemampuan berpikir ilmiah maka peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berargumentasi yang sesuai dengan bukti dan pengalaman penyelidikan sains. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir ilmiah peseta didik yang ada di MTSN 1 Ponorogo yang masih kurang yaitu dengan nilai 58. Dengan adanya penelitian ini maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik sehingga dapat memenuhi tuntutan era abad 21 yang dituntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains terhadap peningkatan kemampuan berpikir ilmiah, 2) Mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model discovery learning berbasis literasi sains 3) Mengetahui aktivitas peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian quasi eksperimen. Bentuk quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah the matching only pretest postest design yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen atau yang berjumlah 62 peserta didik. Data diperoleh melalui lembar observasi dan tes yang telah divalidasi oleh ahli. Lembar observasi yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik, serta soal tes berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh medel pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VII di MTSN 1 Ponorogo diketahui berdasarkan hasil uji analisis data uji t two tailed yang diperoleh hasil P-value sebesar 0,000 dan kurang dari alfa yang bernilai 0,05, 2) Keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains yang dilakukan di MTSN 1 Ponorogo terlaksana dengan baik, 3) Aktivitas peserta didik yang melaksanakan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains lebih efektif dibandingkan dengan proses pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis literasi sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 08:26 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 08:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30881 |
Actions (login required)
View Item |