Hidayah, Umi Nur Kholifah (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write berbantu Web Liveworksheet terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah di MTSN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180060_UMI NUR KHOLIFAH H_SKRIPSI DUMMY.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan salah satu kemampuan yang digunakan untuk menemukan penyelesaian masalah yang dilakukan secara tidak instan. Namun pada realitanya, kemampuan menyelesaikan masalah siswa di MTsN 2 Ponorogo dirasa masih kurang baik. siswa cenderung menyelesaikan soal dengan cara yang instan dan tidak meneliti tentang proses penyelesaiannya. Peserta didik kurang terlatih dalam pengerjaan pertanyaan dengan menggunakan teknik penyelesaian yang benar. Hal ini berdampak pada kemampuan menyelesaikan masalah yang dimiliki siswa menurun. Sehingga diperlukan inovasi dengan menggunakan model pembelajaran yakni model pembelajaran Think Talk Write sebagai upaya mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan model pembelajaran Think Talk Write, mengidentifikasi aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran Think Talk Write dan mengidentifikasi efektivitas dari model pembelajaran terhadap kemampuan menyelesaikan masalah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan uji t test yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sampel penelitian diambil dari kelas VIII di MTsN 2 Ponorogo dengan menggunakan 2 kelas sebagai sample nya yakni kelas VIII C untuk kelas eksperimen dan kelas VIII D untuk kelas kontrol. Jumlag sampel yang digunakan ada 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari kelas kontrol dan 27 siswa dari kelas eksperimen,
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Dari analisis data diketahui nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 75,97 dan kelas kontrol 60,59. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dan nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kelas yang menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | SyaifulArif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:49 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30871 |
Actions (login required)
View Item |