Jahro, Siti Maisarotul (2022) Efektivitas Model Susan Loucks- Horsley (SLH) dengan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180058_SITI MAISAROTUL JAHRO_TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu
keterampilan abad-21 yang harus dimiliki peserta didik.
Keterampilan ini identik dengan kemampuan peserta didik
dalam sebuah kelompok untuk saling bekerjasama
menyelesaikan sesuatu demi tercapainya tujuan. Rendahnya
keterampilan kolaborasi akan berpengaruh terhadap kehidupan
sosial peserta didik baik di lingkungan sekolah, masyarakat,
maupun lingkungan kerja. Maka dari itu, diperlukan suatu
upaya pendidikan dalam melatih keterampilan kolaborasi pada
peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui
efektivitas model pembelajaran Susan Loucks Horsley (SLH)
dengan metode Small Group Discussion (SGD) dalam
meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, 2)
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model
Susan Loucks Horsley (SLH) dan metode Small Group
Discussion (SGD), dan 3) dan mengidentifikasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan model Susan
Loucks Horsley (SLH) dan metode Small Group Discussion
(SGD). Penelitian dilaksanakan di MTsN 1 Ponorogo pada
peserta didik kelas VII.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan jenis eksperimen nonequivalent pretest-posttest control
group design. Data diperoleh melalui lembar observasi yang
sudah divalidasi oleh ahli. Lembar observasi yang digunakan
berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas
peserta didik, dan kemampuan kolaborasi. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis menggunakan uji T (Two Tailed) dan uji T
(One Tailed).
Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa 1)
keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik selama
pembelajaran menggunakan model SLH dan metode diskusi
berada dalam kategori sangat baik. 2) Berdasarkan analisis uji
T (Two Tailed) menggunakan SPSS diperoleh P-value sebesar
0,000. Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh model
Susan Loucks Horsley (SLH) dan metode Small Group
Discussion (SGD) terhadap kemampuan kolaborasi peserta
didik. Sedangkan hasil analisis uji T (One Tailed) didapatkan
P-value sebesar 0,000. Dengan demikian pembelajaran
menggunakan model SLH dengan metode SGD lebih baik
dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik
dibandingkan pembelajaran konvensional dan metode diskusi.
Hasil uji n-Gain score menunujukkan nilai rata-rata 59,07%
pada kelas eksperimen. Hasil ini menunjukkan bahwa
penggunaan model model SLH dengan metode SGD cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta
didik kelas VII di MTsN 1 Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Retno Widyaningrum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:56 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:56 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30863 |
Actions (login required)
View Item |