.. ( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG DENGAN FORMAT PDF).. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM VIDIO USTAZ HANAN ATTAKI YANG BERJUDUL “KALAU LAGI MENTOK, HARUS GIMANA?” DI MEDIA SOSIAL

Hisbulloh, Thoriq Atsaqofi (2024) .. ( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG DENGAN FORMAT PDF).. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM VIDIO USTAZ HANAN ATTAKI YANG BERJUDUL “KALAU LAGI MENTOK, HARUS GIMANA?” DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
perpustakaan.docx

Download (990kB)

Abstract

ABSTRAK

Thoriq, Atsaqofi Hisbulloh. 2024. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam vidio Ustaz Hanan Attaki Yang Berjudul “Kalau Lagi Mentok, Harus Gimana” Di Media Sosial, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata kunci : Nilai Pendidikan Islam, Media Sosial, Hanan Attaki
Nilai pendidikan Islam adalah prinsip-prinsip yang mendasari pengajaran dan pembelajaran dalam Islam, yang bertujuan membentuk kepribadian manusia yang utuh, seimbang antara aspek spiritual, moral, intelektual, dan fisik. Nilai-nilai ini tidak hanya menekankan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pembentukan akhlak, etika, dan karakter yang baik, sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam video Ustaz Hanan Attaki yang berjudul “Kalau Lagi Mentok, Harus Gimana?” di media sosial? dan (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam video ceramah Ustaz Hanan Attaki tersebut di media sosial?
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis isi. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap video serta analisis mendalam terhadap pesan-pesan keagamaan yang disampaikan. Penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam video ini mencakup tawakal (berserah diri kepada Allah), ikhtiar (usaha maksimal), sabar (kesabaran dalam menghadapi ujian), dan optimisme (berpikir positif). Nilai-nilai tersebut relevan dengan situasi kehidupan sehari-hari generasi muda dan mendorong mereka untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah di tengah tantangan hidup modern.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa video ini tidak hanya menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam yang mendalam, tetapi juga memanfaatkan media sosial secara efektif sebagai sarana dakwah. Relevansi pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh generasi muda karena disampaikan dalam bahasa yang ringan, namun bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:16
Last Modified: 02 Dec 2024 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30862

Actions (login required)

View Item View Item