Efektivitas Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi dengan SESD (Science Education for Sustainability Development) Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah

Pratiwi, Reni Indah Ayu (2022) Efektivitas Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi dengan SESD (Science Education for Sustainability Development) Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180049_RENI INDAH AYU PRATIWI_TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep pembelajaran IPA yang harus memunculkan
keterampilan abad ke-21 menjadikan tantangan tersendiri.
Rendahnya kemampuan penyelesaian masalah pada diri siswa
menjadikan model PBL dan pendekatan SESD sebagai
alternatif dalam proses memecahkan masalah. Menurut
beberapa ahli model PBL dinilai efektif untuk mengatasi
rendahnya kemampuan penyelesaian masalah. Kemampuan
penyelesaian masalah memiliki empat indikator yakni,
memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan
rencana, dan meninjau kembali. Adapun pelaksanaan model
PBL terhadap kemampuan penyelesaian masalah didukung
dengan pengintegrasian dari pendekatan SESD di mana
Science Education for Sustainability Development memiliki
prinsip pembelajaran konseptual untuk pembangunan ii
berkelanjutan dengan menawarkan berbagai multidisipliner
ilmu pengetahuan yang kreatif dan inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL terintegrasi
dengan SESD, 2) mengetahui aktivitas siswa dengan model
PBL terintegrasi dengan SESD, dan 3) mengetahui efektivitas
model PBL terintegrasi dengan SESD terhadap kemampuan
penyelesaian masalah pada tema “Sistem Pernapasan Manusia”
kelas VIII SMPN 2 Jetis Ponorogo. Penelitian menggunakan
desain eksperimen kuantitatif (Quasi experimental design,
pretest-posttest design). Populasi dalam penelitian ini adalah
kelas VIII SMPN 2 Jetis Ponorogo dengan sampel kelas VIII B
dan VIII C. Teknik analisis data menggunkan statistic
deskriptif dan inferensial melalui uji normalitas, uji
homogenitas, uji N-Gain, uji t-test one tailed, uji t-test two
tailed, uji linieritas, dan uji ancova.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan 1)
keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, 2)
aktivitas siswa terlaksana dengan baik dan 3) model PBL
(Problem Based Learning) terintegrasi dengan SESD lebih
efektif daripada model non PBL (Problem Based Learning)
terintegrasi dengan SESD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:31
Last Modified: 02 Dec 2024 06:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item View Item