Indriani, Oktavia (2022) Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Literasi Sains Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Sains pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Kedungtuban Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180048_OKTAVIA INDRIANI_TADRIS IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan IPA pada abad 21 menuntut peserta
didik untuk mampu berkomunikasi sains dengan baik dalam
pembelajaran, sehingga peserta didik harus memiliki
kemampuan berkomunikasi sains tersebut. Namun
berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Kedungtuban
kemampuan berkomunikasi sains peserta didik masih
rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pembelajaran
yang dilakukan guru kurang variatif dan belum
menggunakan model-model pembelajaran yang mampu
memaksimalkan kemampuan komunikasi sains peserta
didik. Model pembelajaran yang dianggap mampu
mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi sains peserta
didik adalah Group Investigation. Pendekatan pembelajaran yang mendukung model pembelajaran tersebut adalah
literasi sains.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation
berbasis literasi sains di SMPN 2 Kedungtuban, (2)
menjelaskan respon peserta didik yang mengalami
pembelajaran dengan model Group Investigation berbasis
literasi sains di SMPN 2 Kedungtuban, dan (3) menjelaskan
adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation
berbasis literasi sains dalam meningkatkan kemampuan
berkomunikasi sains pada peserta didik di SMPN 2
Kedungtuban.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimen
Design. Rancangan penelitian yaitu non equivalent control
group desain. Populasi pada penelitian ini ialah peserta
didik kelas VIII di SMPN 2 Kedungtuban Tahun Ajaran
2021/2022 yang berjumlah 160 peserta didik, sampel
penelitian ini 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan jumlah seluruhnya 64 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi,
angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini ialah uji normalitas, uji
homogenitas dan uji t.
Hasil penelitian ini adalah, 1) keterlaksanaan
proses pembelajaran dengan model Group Investigation
berbasis literasi sains sudah terlaksana dengan baik sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan
persentase pertemuan pertama 88% dan pertemuan kedua
90%, 2) respon peserta didik selama proses pembelajaran mayoritas memiliki respon setuju pada penggunaan model
Group Investigation berbasis literasi sains, sehingga hal ini
positif untuk diterapkan pada pembelajaran, aktivitas peserta
didik selama proses pembelajaran bisa dikategorikan baik
dan aktif, 3) Ada pengaruh model pembelajaran Group
Investigation berbasis literasi sains terhadap kemampuan
berkomunikasi sains peserta didik kelas VIII materi IPA
tema sistem ekskresi di SMPN 2 Kedungtuban dengan hasil
uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari
α (sig 0,000 ≤ α 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:26 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30852 |
Actions (login required)
View Item |