Zulqarnain, Muhammad (2022) Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTs Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180045_MUHAMMAD ZULQARNAIN_TADRIS IPA_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan siswa yang
harus diperhatikan dan dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran. Agar lebih
bermakna kemampuan tersebut dapat dikaitkan dengan masalah pada kehidupan
nyata atau disebut masalah kontekstual. Berdasarkan hasil wawancara kepada
guru IPA di MTs Darul Huda Ponorogo menyatakan bahwa siswa pada madrasah
tersebut mayoritas masih kurang baik dalam menyelesaikan masalah. Dalam
menyelesaikan masalah, siswa mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-
beda. Salah satu penyebab perbedaan tersebut adalah perbedaan gaya belajar.
Sehingga perlu diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah kontekstual
siswa berdasarkan gaya belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah yang dimiliki oleh siswa yang bergaya belajar belajar visual, auditori dan
kinestetik kelas VII di MTs Darul Huda Ponorogo dalam memecahkan masalah
kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
deskriptif. Sedangkan untuk Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
lembar angket gaya belajar siswa, lembar tes soal pemecahan masalah kontekstual
dan lembar wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang bergaya belajar visual
dapat menguasai dengan baik semua indikator kemampuan pemecahan masalah,
diantaranya memahami masalah, merencana pemecahan masalah, melaksana
rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil yang ditemukan.
Siswa yang bergaya belajar auditori tidak dapat memahami masalah dengan baik,
cenderung dapat merencana pemecahan masalah, dapat melaksana rencana
pemecahan masalah dengan baik dan cenderung tidak memeriksa hasil yang
ditemukan. Sedangkan siswa bergaya belajar kinestetik dapat memahami masalah
dengan baik, cenderung dapat merencana pemecahan masalah, dapat melaksana
rencana pemecahan masalah dengan baik dan cenderung tidak memeriksa hasil
yang ditemukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:10 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30847 |
Actions (login required)
View Item |