Analisis Kemampuan Membuat Keputusan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Di MTs Ma’arif Klego

Dewi, Fitriana Mustika (2022) Analisis Kemampuan Membuat Keputusan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Di MTs Ma’arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180029_FITRIANA MUSTIKA DEWI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masih banyak ditemui proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah belum
mengarahkan peserta didik pada kemampuan membuat keputusan, sehingga kemampuan
membuat keputusan siswa tidak optimal. Padahal Kemampuan membuat keputusan adalah salah
satu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa SMP di abad 21. Namun hal ini berbeda
dengan fakta di lapangan, diketahui bahwa di MTs Ma’arif Klego kemampuan membuat
keputusan sudah dilatihkan dengan baik, termasuk pada pembelajaran materi pencemaran
lingkungan. Hal inilah yang mendorong peneliti ingin mengkaji lebih dalam tentang kemampuan
membuat keputusan peserta didik yang ditinjau melalui proses pemecahan masalah.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membuat keputusan
siswa yang memiliki proses pemecahan masalah tinggi pada materi pencemaran lingkungan di
MTs Ma’arif Klego dan mendeskripsikan kemampuan membuat keputusan siswa yang memiliki
proses pemecahan masalah sedang pada materi pencemaran lingkungan di MTs Ma’arif Klego.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang
dilaksanakan di MTs Ma’arif Klego. Informan penelitian ini yaitu siswa kelas VII A yang
diambil secara Purposive sampling, berjumlah 6 orang yaitu GEP, UHL, DRA, MWDH, RPN,
AAHR. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data
yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis menurut langkah analisis Miles&Huberman yaitu
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: Siswa dengan kemampuan masalah tinggi
memiliki kemampuan membuat keputusan yang baik, karena subyek mampu memenuhi seluruh
indikator kemampuan membuat keputusan. Siswa dengan kemampuan masalah sedang memiliki
kemampuan membuat keputusan yang cukup, karena subyek hanya mampu memenuhi 3
indikator kemampuan membuat keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:37
Last Modified: 02 Dec 2024 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item