Pengaruh Tingkat Pendidikan, Jam Kerja, Dan Modal Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim Di Pasar Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

Luthfi Khoirulloh, Arifa (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Jam Kerja, Dan Modal Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim Di Pasar Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
arifa luthfi khoirulloh_e-theses wm,lp .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pedagang dengan pendidikan tinggi diharapkan punya kemampuan manajerial dan pengetahuan pasar yang lebih baik. Namun, dalam praktiknya banyak sekali pedagang muslim yang memiliki pendidikan rendah tetapi sukses dalam bisnis yang dibangunnya. pendapatan juga berkaitan dengan jam kerja Pedagang dengan jam kerja yang lebih lama cenderung memiliki lebih banyak kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, meskipun mereka memiliki lebih banyak waktu untuk melayani pelanggan. Di sisi lain, fenomena yang ada dilapangan pada jam kerja yang terlalu lama dapat menyebabkan kontraproduktif. Modal juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi pendapatan pedagang. Modal yang fleksibel memungkinkan untuk meningkatkan usaha mereka, baik itu meningkatkan kualitas produk, mendiversifikasi penawaran produk, atau menggunakan teknologi yang lebih efisien. Dalam hal ini, modal yang terbatas dapat menjadi penghambat bagi pedagang untuk bersaing, sehingga berdampak pada rendahnya pendapatan yang diperoleh. Namun, dilapangan terdapat fenomena pedagang dengan modal yang terbatas yang banyak berhasil meraih pendapatan tinggi karena memanfaatkan inovasi membuat strategi bisnis yang unik, dan hubungan baik dengan konsumen.
Peneliti ini memiliki tujuan yakni 1) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan pedagang muslim. 2) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana jam kerja berpengaruh terhadap pendapatan pedagang muslim. 3) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana modal berpengaruh terhadap pendapatan pedagang muslim. 4) Memahami dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, jam kerja, dan modal terhadap pendapatan pedagang muslim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang fokus kajiannya pada penelitian lapangan tetapi dalam memperoleh data penelitian ini ditunjang dengan menggunakan angket yang disebar luaskan secara acak. Dalam pengambilan sampel metode yang digunakan adalah metode purposive sampling, sampel yang dipilih dengan kriteria tertentu, yang mana fokus pada pedagang muslim, memiliki usaha tetap, dan juga minimal telah berdagang selama periode tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan dengan koefisien regresi 0,239 (p>0,05), mengindikasikan bahwa setiap peningkatan jenjang pendidikan berkontribusi pada peningkatan pendapatan pedagang. Jam kerja juga berpengaruh positif signifikan dengan koefisien 0,248 (p>0,05), dimana penambahan jam operasional berdampak pada peningkatan pendapatan. Modal menjadi variabel dengan pengaruh terkuat, ditunjukkan oleh koefisien regresi 0,323 (p>0,05), membuktikan bahwa ketersediaan modal yang lebih besar memungkinkan perluasan usaha dan peningkatan pendapatan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berkontribusi sebesar 61,1% terhadap variasi pendapatan pedagang muslim, sedangkan 38,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya tingkat pendidikan, optimalisasi jam kerja, dan penguatan modal untuk meningkatkan pendapatan pedagang muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Estu Unggul Drajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:24
Last Modified: 02 Dec 2024 05:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30833

Actions (login required)

View Item View Item