Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Reputasi dan Keamanan Terhadap Minat Belanja Ulang Pada Hijup.com

Sholihati, Oktiviani Dwi (2024) Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Reputasi dan Keamanan Terhadap Minat Belanja Ulang Pada Hijup.com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401200266_Oktiviani Dwi Sholihati_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dwi Sholihati, Oktiviani. Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Raputasi dan Keamanan Terhadap Minat Belanja Ulang pada Hijup.com, Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agam Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci : Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Reputasi, Keamanan dan Minat Belanja Ulang
Hijup.com adalah platform e-commerce fashion multibrand yang menyediakan berbagai kategori busana muslim sebagai cara untuk memberdayakan wanita muslim dan memberikan akses untuk mendapatkan pakaian modis. E-commerce yang memiliki produk fashion muslim mengikuti trend, menyediakan untuk masyarakat muslim. Dengan adanya faktor dari kemudahan transaksi, keragaman produk, reputasi dan keamanan pada Hijup.com membuat minat belanja kembali para konsumen semakin tinggi. Berdasarkan perbedaan teori dan hasil penelitian terdahulu, penelitian ini menggunakan varaibel kemudahan transaksi, keragama produk, reputasi dan keamanan yang diduga mempengaruhi minat belanja ulang pada Hijup.com.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan transaksi, keragaman produk, reputasi dan keamanan terhadap minat belanja ulang pada Hijup.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kauntitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik sampling yaitu probability sampling. Dengan menyebar kuesioner kepada 96 followers Instagram Hijup.com yang sudah pernah melakukan pembelian pada Hijup.com. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS yang dilakukan dengan tahapan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi kalsik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemudahan tranaksi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat belanja ulang. Keragaman produk secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minat belanja ulang. Reputasi secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minat belanja ulang. Keamanan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat belanja ulang. Dengan nilai R-square sebesar 0,741 kemudahan transaksi, keragaman produk, reputasi dan keamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat belanja ulang pada Hijup.com. Variabel yang paling dominan adalah keragaman produk sebesar 33,36% sedangkan reputasi sebesar 22,38%, kemudahan transaksi 15,50% dan keamanan sebesar 2,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:23
Last Modified: 02 Dec 2024 05:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item