Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sains Pencampuran Warna terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Manar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo

Suciani, Suciani (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sains Pencampuran Warna terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Manar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 205200033 SUCIANI watermark.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui perkembangan kognitif pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara bermain sambil belajar sesuai usia anak dengan memperhatikan kemampuan awal anak, strategi dan media pembelajaran yang tepat. Seperti penggunaan media pembelajaran sains pencampuran warna dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Salah satunya menggunakan media pembelajaran sains. Dilapangan sendiri masih banyak guru yang menerapkan media pencampuran warna yang kurang bervariasi, sehingga masih banyak anak yang kurang memahami konsep pencampuran warna seperti anak belum bisa mengenal campuran warna, anak sulit untuk berkonsentrasi, dan anak kurang percaya diri dalam pembelajaran sehingga perkembangan kognitif anak masih belum optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran sains pencampuran warna terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk desain penelitian eksperimental one grup pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah anak didik di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo yang berjumlah 34 anak. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji-t (Paired Sample t-Test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo antara sebelum menggunakan media pembelajaran sains pencampuran warna (pre-test) dan sesudah menggunakan media pembelajaran sains pencampuran warna (post-test), dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,001 yang artinya < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun antara sebelum diberikan perlakuan (pre- test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) sehingga penggunaan media pembelajaran sains pencampuran warna terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun pada anak di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:17
Last Modified: 03 Dec 2024 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30827

Actions (login required)

View Item View Item