..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo

Fathoni, Moh. Nurhuda (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200198_MOH. NURHUDA FATHONI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fathoni, Moh. Nurhuda. 2024. Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dwi Ulfa Nurdahlia, M. Si.

Kata Kunci : Reward, Macam-macam Reward , Motivasi Belajar
Reward adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada seseorang sebagai penghargaan/apresiasi atas kinerja maupun perilaku baik yang telah ditunjukkan. Pemberian reward dalam dunia pendidikan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsiknya berupa hasrat atau keinginan peserta didik untuk belajar dan memahami materi yang disampaikan. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik.
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pemberian reward pada peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo, (2) Mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo, (3) Mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto yakni desain penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu ide, praktik atau kejadian yang telah terjadi, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik kelas VB di SD Tarbiyatul Islam Ponorogo. Sedangkan pengambilan jawaban penelitian berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberian reward pada peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam dikategorikan tinggi dengan persentase 6% sebanyak 1 responden, kategori sedang dengan persentase 88% sebanyak 13 responden, dan kategori rendah dengan persentase 6% sebanyak 1 responden. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa secara umum pemberian reward pada peserta didik berkategori sedang. (2) Motivasi belajar pada peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam dikategorikan tinggi dengan persentase 20% sebanyak 3 responden, kategori sedang dengan persentase 67% sebanyak 10 responden, dan kategori rendah dengan persentase 13% sebanyak 2 responden. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa secara umum motivasi belajar pada peserta didik berkategori sedang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo sebesar 40% terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo dan 60% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:31
Last Modified: 02 Dec 2024 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30767

Actions (login required)

View Item View Item