Adiba, Dewi Aisyah Husna (2024) Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Di RA 'Aisyiyah Pulosari Jambon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
205180008_Dewi Aisyah Husna Adiba _ethesis.pdf Download (762kB) | Preview |
Abstract
Dewi, ‘Aisyah Husna Adiba. 2024. Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di RA ‘Aisyiyah Pulosari Jambon Ponorogo. Skripsi. Jurusan Penddikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ratna Nila Puspitasari, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Bercerita, Kemandirian, Anak Usia Dini
Kemandirian harus mulai diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Dengan menanamkan kemandirian akan menghindari anak dari sifat ketergantungan pada orang lain, dan yang terpenting dalam menumbuhkan keberanian anak dilakukan dengan memberikan motivasi kepada anak untuk menumbuhkan sifat kemandirian. Orang tua juga harus mengajarkan kemandirian kepada anak supaya ketika anak jauh dari orang tua anak merasa bahwa dia mandiri, anak tidak memiliki rasa takut pada guru atau temannya ketika bermain saat jauh dari orang tuanya.Perkembangan kemandirian ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab , mampu membuat keputusan sendiri, mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Disinilah peranan seorang guru dibutuhkan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini 1). Untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di RA ‘Aiyiyah Pulosari Jambon Ponorogo. 2). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Pulosari Jambon Ponorogo. 3) Mendeskripsikan capaian perkembangan kemandirian anak usia dini di RA ‘Aiyiyah Pulosari Jambon Ponorogo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian studi kasus yang digunakan oleh penulis. Penulis menggunakan konsep penelitian Miles Huberman dan Saldana.
Hasil dari penelitian ini adalah 1). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemandirian anak membuat anak lebih mandiri. 2). Faktor pendukung kemandirian anak adalah dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar anak faktor penghambatnya anak keterbatasan waktu. 3). Capaian perkembangan kemandirian anak menjadi mandiri, anak termotivasi, anak menjadi percaya diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Nila Puspitasari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:47 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30700 |
Actions (login required)
View Item |