..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru dan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MA Ma'arif Klego

Laila, Annis Nur (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru dan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MA Ma'arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Annis Nurlaila buat etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat
meraih prestasi belajar yang setara dengan kecerdasan emosional, terkadang ada
siswa yang prestasi belajarnya tinggi tetapi mempunyai kecerdasan emosional yang
rendah, mempunyai kecerdasan emosional yang baik tetapi memperoleh prestasi
belajar yang relatif rendah, namun tidak sedikit pula prestasi belajarnya setara
dengan kecerdasan emosional. Hal tersebut juga terjadi di MA Ma’arif Klego
Ponorogo. Karena itu, penulis ingin menguji kembali peran kecerdasan emosional
guru dan siswa dalam mata pelajaran pai terhadap prestasi belajar siwa kelas X MA
Ma’arif Klego.
Penulisan ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kecerdasan
emosional guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di kelas X MA
Ma’arif Klego. (2) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap
prestasi belajar . (3) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional guru dan siswa
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X MA Ma’arif
Klego.
Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi terdiri dari
26 responden untuk variabel kecerdasan emosional guru dan 25 responden untuk
variabel siswa, di mana seluruh responden dijadikan sampel penulisan. Data yang
diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 25. Analisis data meliputi uji
asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, uji hipotesi.
Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan
dokumentasi.
Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru
berpengauh secara signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di kelas X MA Ma’arif Klego. Kecerdasan emosional siswa tidak
berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata
Pelajaran PAI di kelas X MA Ma’arif Klego, karena terdapat faktor yang
mempengaruhi dalam minat belajar siswa di antaranya ada faktor internal, eksternal
dan pendekatan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safaruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:46
Last Modified: 02 Dec 2024 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30694

Actions (login required)

View Item View Item