Implementasi Digital Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo

Tiana, Eldya Marta (2024) Implementasi Digital Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200141_EldyaMartaTiana_Perbankansyariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tiana, Eldya Marta. 2024 Implementasi Digital Banking dalam meningkatkan kepuasan nasabah di Bank Muamalat kantor cabang Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata Kunci: Digital Banking, Implementasi, Kepuasan nasabah, Bank Muamalat
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi digital banking di Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo. Untuk menganalisis bagaimana faktor pendukung dan penghambat digital banking di Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo. Untuk menganalisis bagaimana strategi dalam meningkatkan digital banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana materi disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) implementasi digital banking implementasi bank muamalat ada beberapa aplikasi digital banking diantaranya muamalat din: merupakan aplikasi digital banking yang dapat diakses oleh seluruh nasabah menggunakan aplikasi muamalat din islamic network kapanpun dan dimanapun cara melakukan aktivasinya bisa melalui ponsel sendiri dari rumah atau langsung datang ke kantor. dan internet banking muamalat: internet banking Bank Muamalat Kantor Cabang Ponorogo merupakan layanan perbankan berbasis elektronik yang dapat di akses 24 jam sehari dalam seminggu melalui akses internet yang memberikan kemudahan serta keamanan cara untuk penggunaannya nasabah harus memiliki jaringan yang stabil dan masuk melalui web yang telah disediakan. 2) ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam layanan digital banking diantaranya: faktor pendukung: (layanan yang luas tanpa batas, memiliki tarif yang efisien, memiliki beberapa fitur yang lengkap, memiliki keamanan yang terjamin). sedangkan faktor penghambatnya diantaranya: (resiko terhadap perlindungan diri, resiko terhadap siber, resiko kebocoran data, resiko penyalahgunaan pihak ketiga. 3) bank muamalat juga memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan layanan agar meningkatkan kepuasan nasabah diantaranya: (melakukan pengoptimalan teknologi digital banking, meningkatkan keamanan data nasabah, memberikan pelayan 24/7 yang dapat diakses nasabah, serta memberikan edukasi pada nasabah mengenai tata cara dan larangan saat menggunakan layanan digital banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:44
Last Modified: 02 Dec 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30690

Actions (login required)

View Item View Item