Penerapan Model Treffinger berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Lestari, Eni (2022) Penerapan Model Treffinger berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180026 ENI LESTARI TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir kreatif dapat mendorong siswa untuk memecahkan persoalan atau permasalahan yang sedang dihadapi. Model pembelajaran Treffinger memberikankesempatan kepada siswa untuk memahami konsep melalui proses penyelesaian masalahsecara kreatif melalui diskusi. Pendekatan yang digunakan untuk mendukung model ini ialah STEM. Pembelajaran STEM mendorong siswa untuk mendesain, mengembangkan, dan memanfaatkan manipulatif afektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran denganmodel Treffinger berbasis STEM, penerapanmodel Treffinger berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif, dankefektifan penerapan model Treffinger berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen yaitu menggunakan Quasi Experiment Designdengan rancangan berupa Postest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yang berjumlah 84 siswa dengan mengambil dua kelompok yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol yang sebanyak 57 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran model Treffinger berbasis STEM diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,80 dan presentase 95,1% dengan kategori sangat baik (2) nilai rata-rata kelas yang menerapkan model Treffinger berbasis STEM sebesar 88,90 dan kelas yang tidak menerapkan model tersebut hanya 80,69 yang membuktikan bahwa kelas yang menerapkan model Treffinger berbasis STEM memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih baik daripada kelas yang tidak menerapkan model tersebut (3) model Treffinger berbasis STEM terbukti efektif dalam meningkatakan kemampuan berpikir kreatif siswa ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:32
Last Modified: 29 Nov 2024 07:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item