Strategi Penetapan Harga Prespektif Ekonomi Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Indah Mart Kendal Ngawi

Herlambang, Herlambang (2024) Strategi Penetapan Harga Prespektif Ekonomi Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Indah Mart Kendal Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E TESIS Herlambang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Herlambang. Strategi Penetapan Harga Prespektif Ekonomi Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Indah Mart Kendal Ngawi. Skripsi, 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Penetapan Harga, Ekonomi Islam, Daya Saing, Toko Indah Mart.
Toko Indah Mart adalah salah satu toko ritel yang berupaya meningkatkan daya saing dengan menerapkan strategi kebijakan penetapan harga berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Dalam penerapan strateginya, pihak toko memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi penetapan harga, seperti nilai keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan bagi konsumen. Namun, dalam tiga bulan terakhir, tingkat penjualan di toko ini masih mengalami penurunan. Penurunan ini disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat antara toko-toko ritel di daerah Kendal Ngawi. Situasi ini memaksa Toko Indah Mart untuk terus berinovasi dan mencari solusi strategis agar tetap dapat bersaing dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa pihak, yaitu tiga konsumen dan tiga pihak toko. Selain dengan wawancara, peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif, yang memungkinkan peneliti untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan berdasarkan prinsip-prinsip umum yang telah ditetapkan. Dengan pendekatan ini, diharapkan penelitian dapat memberikan gambaran yang mendalam dan komprehensif mengenai fenomena yang diteliti.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi penetapan harga yang diterapkan oleh Toko Indah Mart meliputi strategi price lining, odd pricing, dan high-low pricing. Penetapan harga di Toko Indah Mart dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, antara lain permintaan konsumen, tingkat persaingan, dan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, Indah Mart juga menerapkan prinsip-prinsip penetapan harga dalam perspektif ekonomi Islam untuk memastikan adanya keadilan dan keseimbangan dalam setiap transaksi. Pendekatan ini bertujuan untuk tidak hanya meningkatkan daya saing toko, tetapi juga menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 08:11
Last Modified: 29 Nov 2024 08:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30674

Actions (login required)

View Item View Item