Khoirulloh, Arifa Luthfi (2024) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS MOHON DISESUAIKAN DENGAN TEMPLATE DARI PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Tingkat Pendidikan, Jam Kerja, Dan Modal Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim Di Pasar Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
arifa luthfi khoirulloh_skripsi Fiks.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pedagang dengan pendidikan tinggi diharapkan punya kemampuan
manajerial dan pengetahuan pasar yang lebih baik. Namun, dalam praktiknya
banyak sekali pedagang muslim yang memiliki pendidikan rendah tetapi sukses
dalam bisnis yang dibangunnya. pendapatan juga berkaitan dengan jam kerja
Pedagang dengan jam kerja yang lebih lama cenderung memiliki lebih banyak
kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, meskipun mereka
memiliki lebih banyak waktu untuk melayani pelanggan. Di sisi lain, fenomena
yang ada dilapangan pada jam kerja yang terlalu lama dapat menyebabkan
kontraproduktif. Modal juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi pendapatan
pedagang. Modal yang fleksibel memungkinkan untuk meningkatkan usaha
mereka, baik itu meningkatkan kualitas produk, mendiversifikasi penawaran
produk, atau menggunakan teknologi yang lebih efisien. Dalam hal ini, modal yang
terbatas dapat menjadi penghambat bagi pedagang untuk bersaing, sehingga
berdampak pada rendahnya pendapatan yang diperoleh. Namun, dilapangan
terdapat fenomena pedagang dengan modal yang terbatas yang banyak berhasil
meraih pendapatan tinggi karena memanfaatkan inovasi membuat strategi bisnis
yang unik, dan hubungan baik dengan konsumen.
Peneliti ini memiliki tujuan yakni 1) Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan
pedagang muslim. 2) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana jam
kerja berpengaruh terhadap pendapatan pedagang muslim. 3) Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis bagaimana modal berpengaruh terhadap pendapatan
pedagang muslim. 4) Memahami dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan,
jam kerja, dan modal terhadap pendapatan pedagang muslim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis
regresi linear berganda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode korelasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data
yang fokus kajiannya pada penelitian lapangan tetapi dalam memperoleh data
penelitian ini ditunjang dengan menggunakan angket yang disebar luaskan secara
acak. Dalam pengambilan sampel metode yang digunakan adalah metode purposive
sampling, sampel yang dipilih dengan kriteria tertentu, yang mana fokus pada
iv
pedagang muslim, memiliki usaha tetap, dan juga minimal telah berdagang selama
periode tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan memiliki pengaruh
positif signifikan terhadap pendapatan dengan koefisien regresi 0,239 (p<0,05),
mengindikasikan bahwa setiap peningkatan jenjang pendidikan berkontribusi pada
peningkatan pendapatan pedagang. Jam kerja juga berpengaruh positif signifikan
dengan koefisien 0,248 (p<0,05), dimana penambahan jam operasional berdampak pada
peningkatan pendapatan. Modal menjadi variabel dengan pengaruh terkuat, ditunjukkan
oleh koefisien regresi 0,323 (p<0,05), membuktikan bahwa ketersediaan modal yang
lebih besar memungkinkan perluasan usaha dan peningkatan pendapatan. Secara
simultan, ketiga variabel tersebut berkontribusi sebesar 61,1% terhadap variasi
pendapatan pedagang muslim, sedangkan 38,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya tingkat pendidikan,
optimalisasi jam kerja, dan penguatan modal untuk meningkatkan pendapatan pedagang
muslim
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Estu Unggul Drajat |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 08:09 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 08:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30667 |
Actions (login required)
View Item |