(file tdk muncul..silakan upload ulang)..IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 6 PONOROGO

Arifia, Nur Rahma (2024) (file tdk muncul..silakan upload ulang)..IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifia, Nur Rahma. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di MTsN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Keterampilan Berpikir Kritis, Strategi Penerapan, MTsN 6 Ponorogo
Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman, termasuk penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan pendekatan berbasis proyek. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi siswa, khususnya dalam hal berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi siswa agar mereka dapat menganalisis permasalahan dan membuat keputusan yang rasional. Namun, dalam implementasinya, siswa masih menghadapi beberapa kendala, seperti rendahnya kemampuan memahami pembelajaran berbasis proyek, yang mengakibatkan keterampilan berpikir kritis mereka belum optimal. Penelitian ini difokuskan pada penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN 6 Ponorogo dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran kurikulum merdeka dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di MTsN 6 Ponorogo (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penilitian ini menggunakan model analisis data menurut Matthew B. Miles, A. Michael huberman, dan Johnny Saldana. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Langkah-langkah penerapan pembelajaran kurikukulum merdeka dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 6 Ponorogo dilakukan dengan cara; menyusun perancangan proyek kewirausahaan, dan Siswa dilatih untuk menganalisis permasalahan, merumuskan solusi, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata. Faktor pendukung yang ditemukan meliputi kesiapan sarana, prasarana, dan guru sebagai fasilitator. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN 6 Ponorogo, seperti adaptasi lambat terhadap pembelajaran yang berpusat pada siswa, kurangnya kontrol, dan kesiapan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:37
Last Modified: 29 Nov 2024 06:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30645

Actions (login required)

View Item View Item