Mahendra, Yusril Dwi (2022) Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Analisis di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206180125-YUSRIL DWI M.-MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manajemen strategi pembelajaran al-qur‟an yang efektif dan efisienharus menggunakan
metode yang tepat dalam sebuah pembelajaran disuatu lembaga, agar nanti bisa menghasilkan
cara membaca al-qur‟an yang baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, dengan menerapkan
metode Ummi pada pembelajaran baca tulis al-qur‟an untuk dapat mengatasi permasalahan yang
ada dalam mempelajari al-qur‟an. Selain itu dalam manajemen strategi terdapat kegiatan
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi harus di terapkan dengan baik dan benar sehingga
menghasilkan tujuan yang diinginkan bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan Menganalisis perencanaan strategi
pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur‟an Al-Ihsan Ponorogo. (2)
Mengetahui dan Mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi
di Madrasah Diniyah Al-Qur‟an Al-Ihsan Ponorogo.(3) Mengetahui dan Menjelaskan evaluasi
strategi pembelajaran Al-Qur‟anmetode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur‟an Al-Ihsan
Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif.Penelitian ini dilakukan di Madrasah
Diniyah Al-qur‟an Al-Ihsan Kecamatan Kepatihan, Kabupaten Ponorogo.Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi berdasarkan lamanya waktu penelitian berlangsung.Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sebelum menerapkan pembelajaran
al-qur‟an metode Ummi harus membuat perencanaan apa saja yang dibutuhkan saat nanti
kegiatan belajar mengajar berlangsung, setelah perencanaan dibuat oleh kepala madrasah dan
para guru Ummi selanjutnya yakni mengimplementasikan hasil rencana dengan sebaik mungkin
sesuai dengan keputusan rencana bersama dan terakhir setelah perencanaan dan pelaksanaan
dilakukan selanjutnya evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana
kegiatan pembelajaran terlaksana dan memperbaiki untuk kegiatan pembelajaran kedepan.
Kesimpulan dalam penelitian ini ialah manajemen strategi pembelajaran Al-qur‟an menggunakan
metode Ummi yang ada di Madrasah Diniyah Al-Ihsan kepatihan Ponorogo ini (1). Perencanaan
strategi pembelajaran Al-Qur‟anmetode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur‟an Al-Ihsan
Ponorogo menggunakan sistem rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala
Madrasah yang bertujuan menyiapkan seluruh kebutuhan mulai dari data peserta didik sampai
sarana pendukung pembelajaran. (2). Implementasi strategi pembelajaran Al-Qur‟an metode
Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur‟an Al-Ihsan Ponorogo ini sudah berjalan dengan baik. Hal
ini ditandai dengan tahapan yang dilakukan oleh Madrasah sesuai dengan buku pedoman dari
induk Ummi. (3). Evaluasistrategi pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi di Madrasah Diniyah
Al-Qur‟an Al-Ihsan Ponorogo ini menggunakan 2 sistem penilaian yakni evaluasiinternal dan
evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan dari Madrasah sendiri sedangkan eksternal
dilakukan dengan kegiatan munaqosyah atau ujian dari lembaga Ummi Foundation langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:31 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:31 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30634 |
Actions (login required)
View Item |