Sa’adah, Safinatus (2022) Manajemen budaya organisasi dalam pembentukan karakter islami terhadap peserta didik di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206180116_Safinatus Sa'adah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ada era modern saat ini, banyak sekali
problematika yang muncul yang telah dihadapi oleh
negara di Indonesia, salah satunya degradasi moral dan
penekanan terhadap pencapaian nilai terhadap peserta
didik sehingga para wali murid mengabaikan akan moral
terhadap peserta didik. Adapun contoh problematika pada
degradasi moral adalah penggunaan Bahasa yang tidak
baik, mengabaikan peraturan yang berlaku, pergaulan
bebas, serta tindakan kekerasan (bullying). Dengan
adanya problematika ini maka dapat dilihat bahwa
hilangnya nilai-nilai moral dan budi luhur peserta didik
dalam hal kejujuran, kesantuan, rasa malu, tanggung
jawab, kepedulian social dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan
menganalisis perencanaan budaya organisasi dalam
pembentukan karakter peserta didik di MI Alam Islamic
Center Ponorogo. 2) mengetahui dan menganalisis iii
penerapan budaya organisasi dalam pembentukan
karakter islami peserta didik di MI Alam Islamic Center
Ponorogo. 3) mengetahui dan menganalisis evaluasi
budaya organisasi dalam pembentukan karakter islami
peserta didik di MI Alam Islamic Center Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di MI Alam Islamic Center Ponorogo dengan
data yang bersumber dari data primer dan data skunder.
Data ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi serta melalui tahapan teknik analisis data
dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data,
dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembentukkan karakter islami terhadap siswa di MI Alam
Islamic Center Ponorogo adalah dengan melalui beberapa
tahap yaitu 1) perencanaan budaya organisasi dalam
pembentukan karakter peserta didik dengan cara
menentukan visi, misi dan tujuan, mendesain kurikulum,
dan sarana prasarana yang mendukung. 2) penerapan
budaya organisasi dalam pembentukan karakter islami
dengan melaksanakan nilai-nilai yang ditanamkan
sebagai pembentukan karakter, melaksanakan manajemen
budaya organisasi sekolah dan kegiatan yang mendukung.
3) evaluasi budaya organisasi dalam pembentukan
karakter peserta didik dengan mencegah atau
menyelesaikan faktor-faktor penghambat serta
mengetahui faktor pendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:25 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30630 |
Actions (login required)
View Item |