Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Potensi Diri Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Ponorogo).

Nadziroh, sna Faridatun (2022) Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Potensi Diri Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180104_ISNA FARIDATUN NADZIROH_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap indivu pada dasarnya dibekali oleh Tuhan Yang Maha Esa potensi-potensi tertentu,
namun tidak semua individu khususnya siswa mampu mengungkapkan potensi yang melekat pada
dirinya serta hambatan dalam proses peningkatan potensi-potensi tersebut. Dalam kondisi ini,
individu membutuhkan bantuan tepat untuk mengungkap segala potensi yang ada didalam dirinya.
Lembaga pendidikan merupakan salah satu solusi, adanya kesiswaan di SMP Negeri 5 Ponorogo
yang berfokus terhadap pembinaan siswa secara berkala melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS) disertai pengoptimalan proses manajemen, dapat dijadikan langkah tepat peningkatan
potensi siswa secara komperhensif baik dari segi intelektual, emosi, fisik, maupun sosial. Bekal
potensi tersebut nantinya dapat dijadikan siswa dalam menghadapi tuntutan dunia global yang
semakin kompetitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perencanaan kesiswaan
dalam peningkatan potensi diri siswa melalui OSIS, (2) Pelaksanaan kesiswaan dalam peningkatan
potensi diri siswa melalui OSIS, (3) Evaluasi kesiswaan dalam peningkatan potensi diri siswa
melalui OSIS, (4) Implikasi manajemen kesiswaan dalam peningkatan potensi diri siswa melalui
OSIS
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus,
serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber
data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kesiswaan, Pembina OSIS, Ketua OSIS serta Wakil Ketua OSIS. Teknik analisis data dalam
penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triagulasi
sumber dan triagulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kesiswaan dalam peningkatan potensi
diri siswa melalui OSIS di SMP Negeri 5 Ponorogo dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala
sekolah bagian kesiswaan, dan pembina OSIS dengan berpedoman pada Permendiknas No 39 Tahun
2008 serta visi misi sekolah yang direncanakan diawal tahun. Ada beberapa tahap dalam
perencanaan OSIS yaitu dimulai dari rapat koordinasi, proses seleksi dan rekrutmen anggota OSIS,
pembagian job description OSIS serta penyusunan program selama 1 tahun kedepan. (2) Pada
pelaksanaan kesiswaan dalam peningkatan potensi diri siswa melalui OSIS di SMP Negeri 5
Ponorogo dijalankan oleh para anggota OSIS yang meliputi pengikutsertaan 2 jenis kegiatan yaitu
kegiatan khusus pengembangan kemampuan OSIS (LDK dan outbound) serta kegiatan sesui
program yang dijadwalkan selama satu periode (kegiatan harian, mingguan dan tahunan).
Terlaksanya kegiatan didukung berbagai faktor yaitu SDM yang berkompeten, sarana prasarana dan
dana yang memadahi, (3) Pada Evaluasi kesiswaan dalam peningkatan potensi diri siswa melalui
OSIS di SMP Negeri 5 Ponorogo melibatkan pembina kesiswaan dalam prosesnya dengan melalui
tahap pengawasan, rapat rutin setelah kegiatan dan laporan pertanggungjawaban diakhir masa
jabatan. Hal yang dievaluasi meliputi kendala pada pelaksanaan kegiatan, kendala pribadi siswa
serta prestasi dan catatan baik siswa. Tindak lanjut hasil evaluasi yaitu perbaikan terhadap kendala
yang terjadi dan pemberian penghargaan baik siswa berprestasi. (4) Implikasi manajemen kesiswaan
dalam peningkatan potensi diri siswa terjadi dengan adanya pengoptimalan fungsi manajemen
kesiswaan yang berdampak positif terhadap meningkatnya potensi siswa secara keseluruhan yaitu
potensi berfikir, potensi emosi, potensi fisik dan potensi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:19
Last Modified: 29 Nov 2024 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30628

Actions (login required)

View Item View Item