Khaq, Muhammad Zainul (2024) Penerapan Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro Muslim Produksi Tas Anyaman Di Desa Ngadisanan Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_Muhammad Zainul Khaq_401190126.pdf Download (810kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pemasaran, Digital Marketing, UMKM.
Penerapan digital marketing pada pemilik usaha kerajinan tas anyaman yang ada di Desa Ngadisanan belum berhasil secara maksimal. Berbagai hambatan muncul diantara-Nya kurangnya pemilik usaha terkait pengetahuan mengenai proses promosi secara digital. Padahal usaha kerajinan tas anyaman merupakan usaha yang positif dan dapat digunakan untuk mendorong kerbermanfaatan bagi masyarakat.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Selanjutnya dapat diidentifikasi sebagai studi
kasus. Teknik pengumpulan data berupa, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi data. Adapun wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada Kepala Desa dan Pelaku UMKM yang ada di Desa Ngadisanan.
Penerapan digital marketing dalam pengembangan UMKM kerajinan tas anyaman Desa Ngadisanan Kecamatan Sambit, Kab Ponorogo telah berhasil dilakukan. Marketing yang sebelumnya dilakukan secara tradisional sekarang sudah beralih kepada konsep. Pelaku usaha menggunakan Whatsapp, Facebook, Ig, Tiktok, dan shoope. Adapun upaya penerapan marketing digital adalah, penetapan harga, penetapan strategi komunikasi, strategi distribusi. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan digital marketing pada UMKM kerajinan tas anyaman dapat teridentifikasi dengan baik. Adapun hal tersebut meliputi; faktor pendukung yaitu, bantuan modal dari pemerintah, peluang, ancaman, sumber daya manusia, penggunaan teknologi secara tepat, sosialisasi UMKM, strategi yang matang, inovasi produk, lokasi usaha yang strategis, dan pengalaman sebelumnya. Sementara faktor penghambat seperti, penduduk, harga, saluran distribusi, dan
promosi. Dampak penerapan digital marketing terhadap Pengembangan UMKM Produk Tas Anyaman memiliki peranan dalam peningkatan penjualan. Adapun dampak yang terjadi dilapangan yaitu, peningkatan hasil penjualan, Pemberian lapangan kerja bagi masyarakat, Jangkauan yang lebih luas dan Pengembangan dan inovasi produk. Sementara dampak negatif yang terjadi yaitu, adanya persaingan bisnis yang ketat dan cenderung tidak sehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Tiara Widya Antikasari |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 06:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 06:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30617 |
Actions (login required)
View Item |